FOTO BERSAMA - Gubernur Rusdi Mastura didampingi Wakil Ketua Komisi I DPRD, Hj Wiwik Jumatul Rofiah, dan Kadis Kominfo Faridah Lamarauna, foto bersama Komisioner KPID Sulteng Periode 2022-2025, usai pelantikan di Ruang Polibu, Rabu 12 Januari 2022. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)
  • Gubernur Lantik Komisioner KPID Sulteng

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur H Rusdi Mastura melantik 7 orang komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sulteng Periode 2022-2025 di Ruang Polibu, Rabu 12 Januari 2022.

Komisioner yang dilantik yaitu Abdullah SH MH, A Kaimuddin ST MM, Drs Indra A. Yosvidar MAP, dr. Ricky Yuliam M.Kes, Muhammad Wahid S.Sos MA, Muhammad Ramadhan Tahir S.Pd dan Yeldi S. Adel M.Si.

Gubernur meminta para komisoner bekerja profesional, menunjukkan kinerja, menjaga akhlak dan teamwork yang solid. KPID juga harus mampu melindungi masyarakat dari pengaruh buruk siaran yang tidak sesuai Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS).

Begitu juga kepada lembaga penyiaran publik yang belum mematuhi P3SPS, agar diberi pembinaan dan pendampingan. Sementara bagi yang sudah merealisasinya agar diberi apresiasi sebagai bentuk stimulasi meningkatkan kualitas siaran yang sehat. Gubernur meminta supaya KPID melakukan literasi media yang masif.

“Tujuannya agar masyarakat dapat memilah dan memilih informasi yang baik dan benar,” harapnya.

Rusdi menambahkan dengan berjalannya proses migrasi penyiaran dari analog ke digital maka KPID Sulteng diminta ikut proaktif mengawalnya. Salah satu Komisioner KPID Sulteng, Indra A Yosvidar, mengaku siap melaksanakan amanat Gubenur Rusdi Mastura. Namun untuk langkah awal usai dilantik, pihaknya akan membangun keharmonisan antar komisioner dengan pihak terkait.

“Yang paling penting adalah keharmonisan dulu, baik komisioner dan instansi-instansi terkait. Tugas ke depan cukup berat, terutama menghadapi migrasi penyiaran dari analog ke digital,” ucap Indra yang juga dikenal sebagai salah satu wartawan senior di Sulteng.

Indra optimis ia bersama enam rekannya bisa melakukan yang terbaik dalam menjalankan tugas sebagai komisioner KPID Sulteng. Diharapkan peran serta dan dukungan masyarakat Sulawesi Tengah.

Terkait pembentukan struktur untuk posisi ketua dan anggota, Indra belum bisa memastikan waktunya. Namun diharapkan pembentukan struktur sudah harus terlaksana sebelum efektif bertugas mulai 1 Februari mendatang.

“Nanti diliat dari kesepakatan teman-teman karena kita efektif mulai 1 Februari 2022,” tandas Indra.

Pelantikan komisioner KPID turut dihadiri Wakil Ketua Komisi I DPRD Sulteng, Hj Wiwik Jumatul Rofiah S.Ag MH, Kadis Kominfo Faridah Lamarauna, Ketua KI Sulteng dan Ketua KPID Sulawesi Selatan.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas