UNJUK RASA - Aliansi Peduli Pembangunan Banggai Selatan berunjuk rasa di depan kantor Bupati Kabupaten Banggai Laut, Senin 10 Januari 2022. (Foto: Metrosulawesi/ Purnomo Lamala)

Balut, Metrosulawesi.id – Sejumlah masyarakat yang mengatasnamakan Aliansi Peduli Pembangunan Banggai Selatan berunjuk rasa di depan kantor Bupati Kabupaten Banggai Laut, Senin 10 Januari 2022.

Koordinator lapangan Muhlis Uman mengatakan, sudah puluhan tahun kondisi ruas jalan di Kecamatan Banggai Selatan telah rusak berat dan rusak ringan.

“Akses jalan tersebut sudah juga memakan korban,” jelas Muhlis Uman dalam selebaranya.

Selain akses jalan yang rusak parah. Masalah lainnya yakni ketika musim kencang hempasan ombak terus-menerus menghantam rumah-rumah di pesisir pantai.

“Rumah-rumah yang menjadi tempat tinggal masyarakat telah mengalami kerusakan,” tukasnya.

Dengan keadaan yang kibang kibut itu mereka menuntut antara lain mendesak Pemkab Banggai Laut agar memperbaiki jalan lingkar strategis Banggai Laut yang berada di Banggai Selatan. Yang kedua mendorong percepatan pembangunan tanggul yang ada di seputaran rumah pesisir pantai.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Ablit H. Ilyas memastikan terkait aspirasi dari masyarakat bahwa tahun ini anggaran perbaikan itu telah disediakan.

“Karena memang anggarannya sudah ada,” kata Wabup.

Selain itu, Wabup juga menegaskan segera melalukan peninjauan bersama tim teknis untuk ruas jalan yang rusak.

“Besok kita melakukan peninjauan, karena memang anggarannya sudah disiapkan,” ujarnya.

Reporter: Purnomo Lamala
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas