Slamet Riyadi Cante. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, tengah menjadi sorotan karena memilih Richard Arnaldo Djanggola sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Palu. Pasalnya, Richard yang diketahui anak dari mantan Gubernur Longki Djanggola merupakan aparatur Pemerintah Provinsi Sulteng dengan jabatan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Pengamat Politik Universitas Tadulako, Dr Slamet Riyadi Cante, menyebut penunjukan Richard merupakan kewenangan Wali Kota selaku user dengan koordinasi ke Gubernur Sulteng Rusdi Mastura.

“Sebenarnya tidak ada masalah, yang pasti itu diusulkan oleh wali kota ke gubernur. Selanjutnya gubernur yang memberi rekomendasi bahwa dia (Plt Sekdakot) layak atau tidak. Jadi tergantung koordinasi antara wali kota dan gubernur,” ucap Slamet.

Meski demikian, ia menilai penunjukan Richard bisa saja dikaitkan dengan deal-deal politik antara Gubernur Rusdi Mastura dengan mantan Gubernur Longki Djanggola.

“Kalau persoalan deal-deal bisa saja itu karena politik sangat dinamis. Jadi bisa saja ini salah satu upaya untuk mengakomodir antara pak Longki dan pak Cudy misalnya. Itu memang sulit dipisahkan karena dalam politik memang berubah-ubah,” ujar mantan Dekan FISIP Untad itu.

Namun Slamet juga menilai Richard telah layak menjabat sebagai pelaksana tugas Sekdakot Palu. Ini mengacu dari kompetensi Richard dalam mengikuti seleksi calon Sekdakot Palu, baru-baru ini.

“Dari sisi golongan dan kepangkatan Richard memenuhi syarat, makanya kemarin dia masuk salah satu calon Sekdakot. Sebenarnya dia (Richard) masuk urutan lima hanya saja cuma tiga yang bisa masuk untuk pengusulan penetapan Sekdakot definitif,” ungkap Slamet yang tercatat bagian dari Tim Seleksi Calon Sekdakot Palu.

Dia mengharapkan penunjukan Sekdakot Palu harus diterima semua pihak terlepas dari pro-kontra yang ada. Diyakini wali kota dan gubernur sudah dengan pertimbangan dalam memutuskan pelaksana tugas Sekdakot.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas