RAKOR - Bupati Sigi Mohamad Irwan menghadiri rakor penyelesaian lahan huntap, bersama Kementerian PUPR dan Kementerian ATR/BPN, di Kantor Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulawesi Tengah. (Foto: Istimewa)

Sigi, Metrosulawesi.id – Bupati Sigi, Mohamad Irwan sebut siap menyediakan lahan hunian tetap (huntap) di Desa Pombewe untuk para penyintas bencana. Karena menurutnya pemerintah harus hadir di tengah-tengah masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Irwan saat menghadiri rapat koordinasi (rakor) penyelesaian lahan hunian tetap (huntap), bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian ATR/BPN, di Kantor Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng), Jumat, 7 Januari 2022.

Bupati Irwan mengatakan, pada prinsipnya apabila hunian tetap (huntap) Tondo 2 di Palu tidak selesai pada akhir Februari 2022, sebagai pemerintah, ia siap menerima dengan lahan yang ada di Desa Pombewe.

Di kesempatan itu, Bupati Irwan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah provinsi, yang telah membantu Sigi pascabencana alam tahun 2018 silam.

Sementara itu, Wakil Menteri PUPR, Jhon Wempi Wetipo mengatakan, rapat ini merupakan tindak lanjut arahan Wakil Presiden pada pertemuan mengenai penuntasan huntap yang terkendala, dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta kepala-kepala balai yang sudah bekerja maksimal, namun terkendala dengan klaim-klaim warga masyarakat. 

“Terima kasih atas dukungan Bupati Sigi yang luar biasa kemarin, kita sama-sama juga di Huntap Pombewe. Pekerjaan di sana, kita lihat penataan kawasan yang juga cukup bagus, kemudian air bersih kemarin kita juga sama-sama dengan Bupati Sigi, melihat secara langsung debit air yang akan disalurkan ke masyarakat Huntap Pombewe.” 

Lanjutnya, pada pertemuan sebelumnya, yang disampaikan oleh Wapres, Ma’ruf Amin, apabila di Huntap Tondo 2 tidak tuntas di akhir Februari 2022, maka semua pembangunan huntap itu dipindahkan ke Huntap Pombewe.

“Pada kesempatan ini saya ingatkan buat kita semua, apa yang kita diskusikan hari ini, diskusi terakhir kita, kalau ternyata permasalahan di Huntap Tondo 2 belum tuntas, maka mau tidak mau kita pindah ke Huntap Pombewe,” ujarnya.

Pada prinsipnya, Bupati Sigi tidak berkeberatan kalau seandainya Huntap Tondo 2 tidak selesai, maka Pombewe siap untuk menampung semua infrastruktur huntap yang akan dibangun di sana.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas