Wapres KH Ma’ruf Amin (tengah) memimpin rapat Sosialisai Mall Pelayanan Publik dan Pemberdayaan UMKM,  di Ruang Rapat Polibu, Kantor Gubernur Sulteng, Jumat (7/1). (Foto: Admin Pimpinan)
  • Wapres Harapkan MPP Diperluas di Semua Kabupaten/Kota di Sulteng

Palu, Metrosulawesi.id – Provinsi Sulawesi Tengah sudah memiliki 1  Mall Pelayanan Publik (MPP). Wapres KH Ma’ruf Amin mengharapkan MPP diperluas di semua kabupaten dan kota di Sulteng.

Apa lagi adanya Perpres Nomor 89 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik (MPP), yang mewajibkan setiap kabupaten/kota mendirikan MPP.

‘’Harapan saya segera kembangkan dan perluas MPP di semua kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tengah,” ucap Wapres Ma’ruf Amin, didampingi Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki saat memimpin Rapat Sosialisai Mall Pelayanan Publik dan Pemberdayaan UMKM,  di Ruang Rapat Polibu Lantai 3, Kantor Gubernur Sulteng, Jumat (7/1).

Wapres menekankan, pembangunan sarana fisik MPP di kabupaten/kota tidak harus menggunakan gedung baru. Karena perlu biaya besar, tetapi bisa mengoptimalkan sarana dan prasarana yang sudah dimiliki dengan dukungan teknologi digital yang mengintegrasikan layanan berbagai instansi dalam satu PTSP.

Dengan adanya MPP, lanjutnya, maka pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih mudah. Karena MPP merupakan  pusat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang  mengintegrasikan berbagai jenis layanan publik dari berbagai instansi dalam satu tempat.

“Kita harus hilangkan stigma dan persepsi birokrasi yang lambat dan berbelit-belit dalam melayani masyarakat,” tegasnya.

Wapres mengungkapkan, per Desember 2021 jumlah MPP di Indonesia yang sudah diresmikan mencapai + 50 MPP di berbagai kabupaten dan kota. Ke depan harus terus bertambah.

“Strategi penerapan MPP hendaknya tidak hanya mengandalkan pelayanan langsung terintegrasi satu pintu. Namun, bisa juga dilakukan melalui pelayanan terintegrasi secara mandiri on line (aplikasi digital) dan pelayanan bergerak. Dengan demikian bisa tercipta pelayanan yang makin mudah, cepat, murah dan skala jangkauannya lebih luas,” imbaunya. 

Terkait hal ini, Wapres mengajak kabupaten/kota di Sulteng untuk mengambil model MPP di Kota Banyuwangi, Jawa Timur.

“Yang bagus Kabupaten  Banyuwangi, memberikan pelayanan terpadu. Urusan tanah, usaha, bahkan urus paspor di situ, izin-izin semua di situ. Jadi dengan adanya pelayanan seperti itu kita harapkan akan meningkatkan kepuasan masyarakat sekaligus kepuasan institusi,” ucap Wapres.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas