Azahra Permatahani (kiri) dan Sofie Kemala (kanan). (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Dua atlet renang yakni Azahra Permatahani dan Sofie Kemala dipastikan  ikut meramaikan pekan olahraga provinsi (Porprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) tahun 2022 di Kabupaten Banggai.

Dua atlet itu diketahui tak lama lagi akan 100 persen bergabung dengan  kontingen Sulteng lewat kontrak yang dilakukan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulteng melalui kelompok Kerja (Pokja) Sulteng Emas. 

Menurut Ketua Umum KONI Sulteng, M Nizar Rahmatu, kehadiran dua perenang hebat itu bakal jadi triger untuk para atlet daerah agar bisa menunjukkan potensinya di Porprov. Ini juga menurut dia ajang pemanasan ancang-ancang menghadapi Pekan Olahraga Nasional tahun 2024.

“Tahun 2022 ini awal kita melangkah Sulteng Emas 2024 menuju sukses prestasi PON 2024 di Aceh-Sumatera Utara. Kuncinya tahun 2022 ini, saya berharap KONI dan Pengprov Cabor sinergi dengan hal apa saja yang harus dipersiapkan pada Porprov nanti,” kata Nizar pada rapat persiapan Porprov belum lama ini.

Dijelaskannya, naturalisasi atlet merupakan suatu hal yang lumrah dalam dunia olahraga. Selain jadi penyemangat untuk atlet, Naturalisasi utamanya bertujuan untuk menambah pundi pundi medali pada PON 2024 mendatang.

Terpisah, Ketua Pokja Sulteng Emas, Ronny Tanusaputra, mengatakan pihaknya berencana akan mengontrak empat atlet renang lainnya untuk bergabung dengan kontingen Sulteng. “Enam atlet itu nanti dengan target 18 emas,” ujarnya.

Ronny menambahkan selain renang, pihaknya masih terus melihat atlet potensial yang bias didatangkan di daerah setempat. Pihaknya optimis target 10 emas yang jadi harapan Gubernur, Rusdy Mastura bisa tercapai dengan tentunnya nol biaya APBD. (*)

Reporter: Adi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas