CANTIK BERSERI - Bekas kawasan TPS kumuh di Jalan Lekatu, Kelurahan Tavanjuka, Kecamatan Tatanga disulap jadi taman indah nan asri oleh warga RT 1/RW 3 bersama pemerintah kelurahan. (Foto: Metrosulawesi/ Muhammad Faiz Syafar)

Palu, Metrosulawesi.id – Kelurahan Tavanjuka, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Sulteng menyulap tempat kumuh menjadi taman indah nan asri. Tempat itu yakni TPS (Tempat Pembuangan Sampah) yang berada di Jalan Lekatu bagian bawah, tak jauh dari Kantor Kelurahan Tavanjuka.

Lurah Tavanjuka, Reenas, mengungkapkan, TPS terkumuh diantara 6 TPS lainnya di kelurahannya itu disinggahi sampah-sampah yang juga dibuang warga luar Kelurahan Tavanjuka.

Bahkan saking kumuhnya, aroma busuk TPS tersebut dulunya acap memasuki Masjid Babul Falah yang kebetulan saling berpapasan.

“Dulu itu baunya sampai masuk ke dalam masjid, jadi jamaah pasti tidak nyaman. Padahal jaraknya agak jauh sekitar 30 meter baku hadapan,” kata Reenas kepada Jurnalis Metrosulawesi, Jumat, 7 Januari 2022.

Sehingga sebelum diadakan lomba kebersihan tingkat RT Desember 2021 lalu, Reenas dibantu jajaran bersama warga mulai membersihkan dan memindahkan tong penampung sampah itu sejak September 2021.

Masalah belum selesai, saat TPS dipindahkan ke halaman belakang Kantor Kelurahan Tavanjuka, oknum-oknum pembuang sampah yang tidak tertib tetap membanjiri TPS itu dengan sampah siang malam. Tak bisa dibiarkan, akhirnya warga gotong royong menata hingga menyulap TPS itu menjadi taman.

“Jadi jumlahnya ada dua taman yang dibuat warga, pertama di letak TPS depan Masjid Babul Falah, kedua di belakang Kantor Kelurahan Tavanjuka. Itu yang membuat adalah warga RT 1 RW 3 yang memang disitu RT-nya,” ungkap Sahar, Korcam Tatanga dari Dinas Lingkungan Hidup Palu.

Sahar menyebutkan, DLH Palu turut memantau proses lomba kebersihan lingkungan tingkat RT di Kelurahan Tavanjuka.

“Dari jumlah 16 RT di Kelurahan Tavanjuka, alhamdulillah khususnya TPS sudah lebih baik keadaannya. Pembuangan sampah sudah mulai tertib dan kami dibantu warga sebagai pengawas atas warga yang tidak tertib membuang sampah,” tandas Sahar.

Reporter: Muhammad Faiz Syafar
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas