MACET - Pascarehabilitasi, Jalan Tanjung Manimbaya malah tambah macet. (Foto: Metrosulawesi/ Muhammad Faiz Syafar)
  • CV. Bangun Konstruksi Diberi Kesempatan 50 Hari
  • Farida: Pekerjaan Sudah Sesuai Rencana

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah menjawab keluhan warga khususnya para Pedagang Pasar Masomba, Kelurahan Tatura Utara, Kecamatan Palu Selatan, pascapeningkatan jalan di kawasan pasar tersebut.

Diwakili Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PU Palu, Farida Lenan, bahwa proyek jalan beraspal laston dan trotoar itu sudah sesuai rencana dan aturan.

“Proyek itu sudah satu paket antara jalan dan trotoar, jalannya sudah selesai sisa trotoar yang diluncurkan (pengerjaannya) awal tahun 2022,” ujar Farida kepada Jurnalis Metrosulawesi di ruang kerjanya, Kamis, 30 Desember 2021 lalu.

Pekerjaan jalan itu diketahui rampung pada pekan ke tiga Desember 2021, sementara trotoar mengalami keterlambatan.

Sehingga pihak Dinas PU Palu terapkan pemberian kesempatan kerja kepada CV. Bangun Konstruksi selaku pihak kontraktor pekerjaan, mulai tanggal 30 Desember 2021 sampai 50 hari berjalan.

Menurut keterangan Iskandar, Pengawas proyek PU Palu saat mendampingi Farida, seluruh kawasan jalan Masomba seperti contoh Jalan Tanjung Manimbaya ditingkatkan selebar delapan meter. Pun untuk trotoar, memakan lebar dua meter dengan memakai kanstin (bata pembatas) dalam jalan dan luar trotoar.

Hal itupun yang dikeluhkan oleh pedagang pasar karena memakai lahan trotoar secara luas. sehingga badan jalan dianggap bertambah sempit karena dibangun kanstin lebar 20 cm untuk batas jalan dan trotoar. “Tidak ada jalan yang dipersempit. (Pekerjaan) sudah sesuai rencana kami,” tegas Farida.

“Tidak mungkin membangun trotoar hanya lebar satu meter, sedangkan di mana-mana aturan membangun trotoar itu minimal dua meter. Dan masalahnya ada di parkiran kan? Seharusnya bahu jalan itu bukan tempat parkir,” Farida menyanggah keluhan pedagang.

Dia menambahkan, beberapa OPD teknis terkait sebelumnya telah membahas penataan kawasan Pasar Masomba bersama Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid.

“Tugas kami hanya pekerjaan jalan dan trotoar, untuk penataan ruang seperti lahan parkir silakan tanya ke OPD terkait,” tandas Farida Lenan, Kabid Bina Marga Dinas PU Palu.

Reporter: Muhammad Faiz Syafar
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas