dr Jean Rondonuwu, M.Kes. (Foto: Istimewa)

Poso, Metrosulawesi.id – RSUD Kabupaten Poso akhirnya membuka lowongan untuk posisi dokter spesialis kandungan.

Dokter spesialis kandungan sebelumnya dr Sepian Sima tidak lagi bersedia memperpanjang masa kontraknya yang telah berakhir sejak dua pekan lalu.

Kekosongan dokter spesialis kandungan di RSUD Kabupaten Poso itu, berdampak sejumlah pasien melahirkan harus dirujuk ke  RS Sinar Kasih Tentena dan RSUD di kabupaten tetangga.

Direktur RSUD Poso dr Jean Rondonuwu, M.Kes, Rabu, 29 Desember 2021 menyebutkan, sebenarnya dokter spesialis kandungan dr Sepian Sima telah habis masa kontraknya beberapa pekan lalu. Sehingga RSUD Poso meminta bantuan dokter spesialis kandungan dr Syam dari RS Sinar Kasih Tentena.

“Sebenarnya hari ini (Rabu) dokter Syam sudah masuk, namun karena masih karantina mandiri sehingga belum bisa masuk di RSU Poso,” terang dr.Jean.

Untuk penanganan pasien melahirkan yang sifatnya emergency, tambah dr Jein masih bisa ditangani oleh dokter bedah.

Sedangkan pasien tidak emergency dirujuk di RS Tentena atau rumah sakit di Palu dan untuk penanganan pasien melahirkan umum ditangani bidan.

Namun demikian, pihaknya telah bangun kerja sama dengan Universitas Hasanudin Makassar dan Universitas Samratulangi Manado untuk meminta tenaga dokter spesialis kandungan termasuk meminta di Kementerian Kesehatan.

“Kemenkes juga sudah membuka lowongan dokter spesialis kandungan untuk rumah sakit umum Poso, tapi sampai sekarang belum ada yang mendaftar,” tambahnya.

Dia berharap dalam waktu dekat ini ada dokter spesialis kandungan yang berminat masuk di RSUD di Kabupaten Poso, sehingga penanganan pasien melahirkan dapat tertangani dengan baik.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas