Abd Malik. (Foto: Istimewa)

Morowali, Metrosulawesi.id – Puskesmas Bahodopi Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah (Sulteng) di bulan Desember tahun 2021 ini berhasil mencapai pelayanan vaksinasi tertinggi dari seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Morowali.

“Dengan capaian tertinggi itu, Puskesmas Bahodopi berada pada posisi pertama capaian vaksinasi utuk seluruh Puskesmas di Kabupaten Morowali,” terang Abd Malik,  Kepala UPT Puskesmas Bahodopi, Senin 27 Desember 2021.

Dijelaskannya, capaian per Desember mencapai 15.232 untuk sistem manual atau 109,4 persen. Sementara picare mengikuti capain itu sendiri dan tentunya tidak terlepas dari dukungan pemerintah kecamatan, TNI-Polri dan para kepala desa.

“Sasaran vaksinasi adalah masyarakat umum, ibu hamil, lansia dan remaja. Jumlah tenaga vaksinator sebanyak tiga orang,” ungkapnya.

Disebutkannya bahwa antusias masyarakat cukup tinggi sehingga Puskesmas Bahodopi menjadi serbuan vaksin setiap hari baik itu vaksin pertama maupun vaksin kedua dan rata rata melayani 300.

“Bahkan pernah mencapai 500 orang dalam satu hari,” sambung Abd Malik.

Harus diakui sebut Abd Malik, pelayanan vaksinasi sering mengalami antrian, namun dengan adanya back up oleh TNI- Polri selama ini, sehingga pelayanan bisa maksimal.

“Pelayanan vaksin mempersyaratkan bagi masyarakat yang sudah terdaftar di aplikasi peduli lindungi dan sudah memiliki tiket vaksin. Sehingga kita bisa melayani mereka dan bisa diketahui jenis vaksin yang akan di gunakan apakah vaksin gotong royong atau vaksin pemerintah,” ujarnya.

Lanjut, bagi masyarakat yang ber KTP diluar Kabupaten Morowali yang hendak mendapatkan vaksin diwilayah kerja Puskesmas Bahodopi, melampirkan surat keterangan domisili dan KTP agar pada saat penginputan data mereka mendapat sertifikat vaksin sesuai alamat domisilinya.

“Disini banyak karyawan perusahaan yang datang di Puskesmas untuk mendapatkan pelayanan vaksin,” tandas Abd Malik.

Reporter: Murad Mangge
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas