Trisno Yulianto. (Foto: Metrosulawesi/ Muhammad Faiz Syafar)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, menerbitkan Surat Edaran tentang pengendalian corona virus disease 2019 di Kota Palu, pada saat Natal tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, per tanggal 20 Desember 2021.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Palu, Trisno Yulianto, mengatakan, isi surat tersebut ditujukan guna mencegah peredaran pandemik Covid-19 di masyarakat di tengah khususnya perayaan tahun baru 2022.

Dia menuturkan pada saat malam jelang pergantian tahun, seluruh kafe dan sejenisnya diharuskan tutup pukul 22.00 waktu setempat. Waktu tersebut pun akan disertai patroli oleh aparat keamanan gabungan.

“Kami patroli nanti mulai pukul (22.00 WITA) demikian. Mulai dari unsur Pol PP, Polisi dan TNI dengan tetap dengan cara-cara humanis,” ujar Trisno kepada Jurnalis Metrosulawesi, Jumat, 31 Desember 2021.

Dirincikan, Trisno akan menerjunkan personel Pol PP Palu sebanyak 150 orang, digabung dengan masing-masing 20 personel dari TNI Polri  yang mencapai kisaran 200 orang.

“Kami sudah punya peta sebaran patroli. Pokoknya (patroli akan) menyisir wilayah dalam Kota Palu. Sehingga usahakan patuhi Perda akhir tahun (2021) ini,” imbuhnya.

Lebih jauh Trisno meminta agar masyarakat berbijak diri, untuk tidak melakukan pawai kendaraan yang berpotensi timbulkan kecelakaan, membakar kembang api, serta tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang berlaku di Perda Kota Palu.

“Kami sudah tiga hari lalu intenskan razia masker termasuk pada saat malam pergantian tahun nanti. Jadi dengan kebijakan diri pribadi saya meminta masyarakat agar tidak merayakan tahun baru secara berlebihan. Silakan rayakan tapi sama keluarga saja,” pinta Trisno Yulianto, Kasatpol PP Kota Palu. (*)

Reporter: Muhammad Faiz Syafar

Ayo tulis komentar cerdas