Gubernur H Rusdy Mastura berbicara dalam acara serah terima aset rumah khusus beserta prasarana, sarana umum (PSU) kepada Bupati Sigi Irwan Lapata di ruang kerja Gubernur, Rabu (29/12). (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura meminta kepala daerah di Sulteng jangan hanya mengandalkan APBD untuk membangun daerahnya. Menurut Gubernur, kepala daerah harus berani melakukan terobosan antara lain melalui reinventing government.

Gubernur mengatakan, APBD tidak banyak mengangkat pertumbuhan ekonomi daerah.

‘’Bupati dan wali kota harus berani reinventing government, jangan hanya mengandalkan APBD karena APBD hanya mampu mengangkat pertumbuhan hanya 20 persen. Swasta 80 persen, olehnya libatkan swasta untuk percepatan pembangunan daerah,’’ kata Gubernur.

Dikutip Metrosulawesi dari Litbang Perbendaharaan, Reinventing government adalah salah satu cara pemerintah di seluruh penjuru dunia untuk memajukan kesejahteraan masyarakatnya. Pentingnya sektor publik dan layanan umum yang baik adalah alasan untuk dilakukannya reinventing government.

Terdapat banyak instansi pemerintah di berbagai negara di dunia yang menerapkan reinventing government. Dengan reinventing government, diharapkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah dapat meningkat.

Di bagian lain Gubernur meminta kepada seluruh bupati/wali kota agar memastikan KUR sebesar Rp5 triliun melalui BRI atas kerja sama Pemerintah Provinsi Sulteng.

‘’Saya minta pastikan dana KUR ini dimanfaatkan masyarakat. Jangan pengusaha yang menikmati. Saya sampaikan ke Presiden kalau bunga bank bisa ditekan sampai 3 persen, ekonomi masyarakat bisa cepat tumbuh. Pemerintah hanya memberikan dorongan agar masyarakat bisa berusaha,’’ kata Gubernur.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas