Ketua KONI Sulteng, M Nizar Rahmatu. (Foto: Metrosulawesi/ Adi Pranata)
  • Azzahra Permatahani dan Sofie Kemala Tanda Tangan Kontrak Dengan Gubernur Sulteng

Palu, Metrosulawesi.id – Dua atlet renang naturalisasi luar daerah akan segera bergabung dan memperkuat Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024 yang akan dilaksanakan di Aceh-Medan.

Kepastian itu diungkapkan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulteng, M Nizar Rahmatu, Selasa (28/12/2021). Dia bilang, atlet itu melakukan tanda tangan kontrak dihadapan Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura di Jakarta.

“Kemarin kami sudah transfer dananya dan tanggal 29 Desember itu akan bertanda tangan dihadapan Gubernur kemudian kepada Ketua Pokja Sulteng emas di pacific place Jakarta, dua atlet renang terbaik Asean,” ujarnya.

Atlet itu kata Nizar, ialah Azzahra Permatahani atlet putri yang sebelumnya ikut pada ajang Sea Games. Yang selanjutnya ada Sofie Kemala. Nizar bilang pada Januari 2022 nanti pihakny akan mengambil 4 perenang putri untuk memperkuat daerah Sulteng.

Menurut Nizar, hal ini dilakukan sesuai dengan visi-misi ‘Sulteng Emas’ yang mana pada perhelatan PON Nanti Gubernur Rusdy Mastura menargetkan 10 emas untuk daerah Sulteng.

“Dan saya berani katakan Sulteng emas ini nol APBD, itu yang dipesimiskan selama ini oleh orang, tetapi Alhamdulillah kami membuat sejarah baru di dunia olahraga,” ujarnya.

Nizar menambahkan, Naturalisasi akan menjadi pemacu agar atlet lokal daerah dapat mengembangkan potensinya sehingga dapat berprestasi terutama di ajang PON 2028 mendatang. (*)

Reporter: Adi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas