Denny Taufan. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)
  • Pemkot Palu Target 100 Persen

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, Denny Taufan mengatakan, vaksinasi masih terus jalan, bahkan setiap jam kerja di Puskesmas, gerai vaksinasi tetap dibuka untuk masyarakat umum.

“Selain itu juga pihak TNI dan Polres maupun Polda terus eksis. Kita juga dari Dinas Kesehatan tetap bersama mereka. Olehnya itu kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam melakukan vaksinasi di sejumlah tempat yang ditentukan,” kata Denny, melalui ponselnya, belum lama ini.

Menurut Denny, capaian vaksinasi di Kota Palu sesuai data terakhir sudah mencapai 76 persen, sebenarnya sudah mencapai target. Namun diharapkan vaksinasi di Kota Palu bisa capai 100 persen.

“Olehnya itu kami terus menggenjot vaksinasi ini tetap berjalan. Hal ini juga disebabkan karena adanya varian baru Omicron, sehingga diharapkan vaksinasi 100 persen. Maka dari itu, masyarakat tetap diimbau agar mau divaksin, sebab vaksinasi ini sangat penting untuk memberikan kekebalan atau imun terhadap tubuh kita. Memang tidak ada jaminan orang tidak terpapar apabila telah divaksin, tetapi vaksinasi mampu meredam gejala akut dari terpaparnya corona,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Surveilans Covid-19 Kota Palu, dr. Rochmat Jasin mengatakan, untuk kendala dalam melaksanakan vaksinasi jika secara teknis dari petugas dan logistik itu tidak ada kendala. Yang menjadi kendala jika tim kesehatan datang ke sesuatu tempat dalam melaksanakan vaksinasi, awalnya data yang disampaikan misalnya sebanyak 100 orang divaksin, namun yang datang hanya 20 orang saja.

“Kita siap datang dimana tempat yang disediakan untuk melakukan vaksinasi, namun ketika di lapangan yang datang hanya sedikit. Inilah yang menjadi kendala di lapangan, masih ada banyak masyarakat takut divaksin, mereka menganggap bahwa vaksinasi ini memberikan dampak negatif. Padahal secara kesehatan tidak ada yang negatif, sebab sebelum divaksin warga itu diperiksa dulu, jika ada riwayat penyakit berat pasti tidak akan divaksin,” katanya.

Olehnya itu, kata Rochmat, masyarakat perlu diedukasi terus tentang vaksinasi ini, karena jika sudah divaksin pasti dapat meningkatkan imunitas tubuh, serta memberikan perlindungan kepada warga sekitarnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas