FOTO BERSAMA - Pj Sekda Provinsi Sulawesi Tengah, Moh Faisal Mang, foto bersama jajarannya peserta Rapat Tim Pengendali Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) di Ruang Kerjanya, Rabu, 22 Desember 2021. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Pj Sekda Provinsi Sulawesi Tengah, Moh Faisal Mang, memimpin Rapat Tim Pengendali Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) di Ruang Kerjanya, Rabu, 22 Desember 2021.

GDPK merupakan rancangan induk atau desain besar suatu pembangunan kependudukan yang dibuat berdasarkan situasi dan kondisi masing-masing daerah. Grand Design dibuat untuk jangka waktu 25 tahun kedepan. Akan tetapi, untuk periode 5 tahun akan dibuat road map untuk mengetahui sasaran pembangunan kependudukan yang harus dicapai pada setiap periode.

Demikian pula dengan arah kebijakan, strategi dan program yang perlu dilakukan dalam jangka waktu 5 tahun kedepan sebagai bagian dari road map. Faisal menyampaikan penyusunan GDPK telah selaras dengan Peraturan Presiden Nomor 154 Tahun 2014 tentang Grand Design Pembangunan Kependudukan yang mencakup lima pilar yakni pengendalian kuantitas penduduk, peningkatan kualitas penduduk, pembangunan keluarga, penataan persebaran dan pengarahan mobilitas penduduk serta penataan administrasi kependudukan.

“Dokumen (GDPK) yang disusun ini harus benar-benar digunakan sebagai acuan, dan apa yang sudah tertuang di dalamnya tidak perlu lagi diperdebatkan,” ujar Pj Sekda.

Kadis P2KB Siti Hasbiah N. Zaenong, menyebut berdasarkan Permendagri Nomor 76 Tahun 2020 tentang Lapoaran Pertanggungjawaban Pemerintah Daerah terdapat satu indikator untuk menilai kinerja pemerintah daerah termasuk Gubernur dan Bupati. Ada tiga indikator outcome dan 11 indikator output yang terkait dengan kependudukan dan KB.

“Salah satu indikator outputnya adalah Gubernur dan Bupati telah menyusun GDPK, mempergubkan dan memperdakan serta memanfaatkan dalam sektor pembangunan,” ucap Hasbiah.

Pada kesempatan itu juga Kadis Kominfo Faridah Lamarauna, S.E., M.Si juga menuturkan bahwa pada saat penyusunan anggaran terkait dokumen Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) ini, saya juga merupakan cikal bakal penyusunan dokumen ini pada tahun 2018.

Kegiatan turut dihadiri Kepala Biro Kesra, Kadis Kominfo, Persandian dan Statistik, Kepala BPS, Kadis Kesehatan, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kadis Pertanian, Kadis Perindag, dan Kadis Nakertrans lingkup Provinsi Sulawesi Tengah.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas