BERBINCANG - Pj Sekretaris Daerah Sulteng, Moh Faisal Mang, didampingi jajaran saat menerima kunjungan kerja Staf Kepresidenan, Ayu Kartika, bersama rombongan di Palu, Rabu 23 Desember 2021. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) memastikan kesiapan untuk menyukseskan tahun toleransi pada 2022 mendatang. Hal ini disampaikan Pj Sekretaris Daerah Sulteng, Moh Faisal Mang, saat menerima kunjungan kerja Staf Kepresidenan, Ayu Kartika, bersama rombongan di Palu, Rabu 23 Desember 2021.

“Kita siap jika memang tahun 2022 nanti akan dicanangkan sebagai tahun toleransi,” ucap Faisal.

Dia menyampaikan Provinsi Sulawesi Tengah dalam perwujudan toleransi sudah tidak asing lagi salah satunya melalui budaya gotong royong. Dengan adanya gotong royong masyarakat dapat membangun kekeluargaan tanpa harus melihat pada sisi agama, suku, ras dan lain sebagainya dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada di daerah.

“Selama ini pemerintah daerah juga telah melakukan upaya-upaya dalam mewujudkan toleransi dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya antar agama,” tandas Faisal.

Sementara itu, Ayu menjelaskan maksud kunjungan kerja ke Pemprov Sulteng untuk menyampaikan amanat Presiden tentang program-program toleransi dan juga sebagai bentuk silaturahmi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.

“Tahun 2022 nanti, rencananya akan dicanangkan oleh bapak Presiden sebagai tahun toleransi,” ujar Ayu.

Dalam kesemoatan ini, Faisal Mang didampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Fahruddin dan Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan Sosial dan Kemasyarakatan, M Jen Ismail.

Karo Kesra Jen Ismail menambahkan semua agama mengajarkan pentingnya toleransi umat beragama. Hal demikian dapat diwujudkan melalui pendidikan yang berkualitas dan anak bangsa harus terlibat didalamnya.

Kepala Badan Kesbangpol melanjutkan dalam rangka mencegah konflik pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah telah membentuk tim terpadu penanganan konflik yakni yang menjadi ketua Gubernur Sulawesi Tengah, sebagai Sekretaris yaitu Kepala Kesbangpol dan Anggotanya adalah Forkopimda yang sangat strategis dan cukup efektif.

Dengan demikian, Pemerintah Sulawesi Tengah melalui Kesbangpol membentuk tiga forum yang dibentuk yakni Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembauran Kebangsaan, dan Forum Kewaspadaan Lini Masyarakat.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas