Ambotuwo. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)
  • Libur Semester Ganjil Hanya Bagi Siswa

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Ambotuwo mengungkapkan, sesuai surat edaran dan kalender pendidikan, penerimaan rapor siswa semester ganjil ditetapkan pada 23 Desember 2021, sehingga libur semester siswa dimulai pada 24 hingga 2 Januari 2021. Kemudian 3 Januari 2022 siswa kembali masuk untuk menerima pembelajaran di sekolah.

“Libur semester ini khusus untuk peserta didik, tidak boleh guru menganggap bahwa mereka libur juga. Sebab guru ini juga Aparatur Sipil Negara (ASN) yang harus mengacu Surat Edaran Menpan, bahwa sebagai ASN untuk tetap menjalankan tugas,” tegas Ambotuwo, saat dihubungi Metro Sulawesi melalui ponsel, Rabu, 22 Desember 2021.

Ambotuwo menegaskan, jangan sampai guru berasumsi siswa diliburkan, guru juga ikuti libur. Karena dalam kalender pendidikan itu hanya peserta didik yang libur, guru tetap melaksanakan tugas dan fungsinya di sekolah, misalnya mempersiapkan modul pembelajaran untuk tahun depan.

“Banyak yang perlu dikerjakan di sekolah,” katanya.

“Kecuali guru itu ada keperluan penting seperti kedukaan atau ada kegiatan mendesak lainnya, boleh saja. Namun sebaiknya jika tidak ada kegiatan penting di luar jangan keluar, sebab guru ini adalah ASN juga,” katanya.

Kata Ambotuwo, libur ini mengacu pada Surat Edaran Wali Kota dan Mendikbud Ristek, ketentuan libur ini sudah ada aturannya.

“Terkait penerimaan rapor siswa, kami juga telah menegaskan agar menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Kami serahkan ke masing-masing sekolah mengatur seperti apa mekanisme penerimaan rapor, yang jelas harus tetap menjaga prokes,” ujarnya.

Menurut Ambotuwo, dalam penegasan libur kepada ASN ini, perlu juga dari BKD melakukan sidak kepada para ASN khususnya untuk guru.

“Jadi selain kami dari Disdikbud lakukan sidak ke sekolah, kami harap BKD juga melakukannya, sehingga mereka dapat menindak tegas,” ungkapnya.

Sebelumnya, kata Ambotuwo, aturan libur guru ini sudah diberlakukan sejak lalu, bahwa guru juga ASN yang harus taat aturan.

“Semoga ini dapat dipahami oleh semua guru dalam menanggapi persoalan libur,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas