Bupati Sigi, Mohamad Irwan bersama Wabup Samuel luncurkan KUR Bunga Nol persen. (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi meluncurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bunga nol persen, di halaman Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Sigi, di Desa Maku, Kecamatan Dolo, Senin, 20 Desember 2021. Pemkab Sigi simpan modal di bank Rp2 miliar.

Bupati Sigi Mohamad Irwan mengatakan, tujuan KUR Bunga Nol persen adalah untuk pemulihan ekonomi, akses permodalan yang mudah dan mengentaskan kemiskinan.

“Untuk tanggung KUR Bunga Nol persen, Pemkab Sigi simpan modal di bank Rp2 miliar, namun kedepan akan ditingkatkan lagi menjadi Rp3 miliar – Rp5 miliar, sehingga para pelaku usaha bisa merasakan nilai lebih dari kebijakan Irwan-Samuel,” terangnya.

Adapun jumlah penerima program KUR bunga Nol persen sebanyak 1000 orang, dengan rincian UMKM 300 orang, petani 300 orang, pekebun 200 orang, peternak 100 orang dan perikanan 100 orang. Dengan rencana plafon kredit maksimal Rp20 juta dan jangka kredit maksimal 2 tahun.

“Lanjutnya, ia berharap petani, peternak, pekebun, UMKM dan perikanan di Sigi bisa dapat nilai lebih dari pinjaman KUR bunga nol persen,” harapnya.

Plt Kadis Koperasi dan UMKM Sigi, Kaharudin, dalam laporannya mengatakan, adapun pelaksanaan KUR bunga nol persen akan dimulai bulan januari 2022.

Ada beberapa proses pelaksanaan KUR Bunga Nol persen yakni pembekalan pendamping KUR Bunga Nol persen bulan januari 2022, pendampingan KUR Januari-Desember 2022, monitoring sebanyak dua tahap yakni bulan Juli dan November 2022 dan evaluasi dilaksanakan bulan Desember 2022.

Hadir dalam kesempatan itu, Wabup Sigi Samuel Yansen Pongi, Wakapolres Sigi Kompol Noperto, area Head Bank Mandiri Palu, Zuhri, Pimpinan OPD, para Camat, Perwakilan OJK, kelompok UMKM, Kepala desa dan para undangan lainnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas