Sumarno. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulteng memastikan tetap membuka posko dalam rangka mudik hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) dalam waktu dekat. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dishub Provinsi Sulteng, Sumarno, kepada Metrosuawesi, Minggu 19 Desember 2021.

“Posko Nataru tetap ada untuk menghitung/mendata pergerakan kendaraan penumpang maupun kendaraan barang,” ucapnya.

Sumarno mengatakan tujuannya untuk mengetahui pergerakan kendaraan dalam musim Nataru kali ini mengalami kenaikan atau jutsru menurun. Sebelumnya, Sumarno mengatakan pusat pendataan dilakukan di depan Kantor Dishub Provinsi Sulteng Jalan Kartini Palu. Dishub Provinsi Sulteng akan mendirikan posko mudik Nataru selama proses pendataan ini.

“Kita akan mendirikan posko mulai tanggal 23 Desember sampai 4 Januari 2022,” ujar Sumarno.

Dikatakan, pendataan juga akan dilakukan di Terminal Mamboro dan Terminal Tipo. Nantinya akan didirikan posko untuk mendukung kelancaran pendataan oleh personel Dishub.

“Petugas kita akan stanby di sana dengan peralatan-peralatan untuk menghitung pergerakan angkutan dan penumpang,” tuturnya.

Diketahui, Mutiara Sis Al Jufri Palu juga telah membuka Posko Angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Posko tersebut juga bertujuan untuk memantau kondisi kepadatan arus penumpang dan barang pada saat menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Sama halnya pada saat lebaran, Posko Nataru ini juga melibatkan sejumlah pemangku kepentingan (stake holder) diantanya adalah TNI-Polri, KKP, Basarnas, BMKG, Airnav dan stake holder lainnya.

Posko Angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 berlokasi di area lobi terminal Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu dan akan berlangsung selama 19 hari yaitu mulai tanggal 17 Desember 2021 sampai 4 Januari 2022.

Mutiara Sis Al-Jufri Palu sendiri termasuk salah satu dari 51 bandar udara yang melakukan pemantauan Posko Angkutan Nataru 2021/2022. Adapun beberapa maskapai yang melayani diantaranya Garuda, Lion Air, Batik Air, Wings Air, dan Susi Air Citilink.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas