TUAN RUMAH PORPOV 2022 - Ketua KONI Sulteng, Nizar Rahmatu menyerahkan SK penunjukan tuan rumah porprov 2022 kepada Wakil Bupati Banggai, Herwin Yatim. (Foto: Ist/ Dok. KONI Sulteng)

Banggai, Metrosulawesi.id – Komite Nasional Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Tengah, mewakili Gubernur, menyerahkan langsung surat keputusan tuan rumah pekan olahraga provinsi (Porprov) kepada Kabupaten Banggai, Jumat (17/12/2021) malam.

Penyerahan yang dirangkaikan dengan workshop itu menyepakati 24 cabang olahraga prioritas yang akan dipertandingkan pada Porprov nnti.

“Sudah disepakati 24 cabang olahraga dan 27 disiplin Cabor. Tapi belum keputusan final. Nanti tinggal masalah penganggarannya bagaimana pedomannya akan disusun bersama panitia Banggai dan Provinsi,” kata Direktur Eksekutif KONI Sulteng, Muhammad Warsita kepada Metrosulawesi, Minggu (19/12/2021).

Menurut Warsita, pihaknya masih akan menunggu hasil kesepakatan workshop terutama terkait regulasi penyelenggaran Porprov antara Kabupaten Banggai dan Pemprov Sulteng. Nantinya juga akan dibentuk tim perumus penganggaran masing-masing cabor yang akan diperlombakan.

“Nanti tinggal ditentukan kesepakatan anggaran dari Pemprov berapa dan dari Banggai berapa,” jelas Warsita.

Lebih lanjut dijelaskan Warsita, selanjutnya KONI akan melakukan pertemuan bersama pengurus cabang olahraga di daerah setempat. Ini dilakukan untuk menyepakati pedoman yang disusun untuk pelaksanaan Porprov.

Sebelumnya KONI Sulteng juga sudah melakukan peninjauan sejumlah venue atau arena olahraga yang ada di Kabupaten Banggai. Peninjauan itu antara lain dilakukan di lapangan sepak bola, silat, tenis lapangan, bola basket, futsal, atletik, karate, taekwondo dan biliar serta sejumlah venue lainnya.

Dikatakaan Warsita, sarana penunjang olahraga di Banggai sudah cukup bagus. Hanya saja, masih butuh beberapa pembenahan misalnya salah satunya untuk ruang ganti atlet.

“Banggai pada prinsipnya dari segi venue siap, hanya tinggal perlu berbenahan venue kamar mandi, kamar ganti, kemudian ada tambahan lapangan bola voli pasir, mereka siap mengadakan dua,” ujarnya. (*)

Reporter: Adi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas