ILUSTRASI - Peserta CAT. (Foto: Ist)
  • Fatmawati: Semoga Peroleh PNS Sesuai Kebutuhan

Palu, Metrosulawesi.id Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan POM pada 18-19 September 2021 diikuti 113 peserta yang memenuhi standar kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).Namun dari jumlah itu yang masuk peringkat dan berhak ikut Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) hanya 10 orang. Pelaksanaan SKB Computer Assisted Test (CAT) pada Minggu, 28 November 2021 jam 13.00- 14.30 wita, berlokasi di Kantor UPT BKN Donggala- Palu, Jalan Bantilan, Kelurahan Lere, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu.

Fatmawati selaku pihak BPOM Palu mengatakan, setiap PNS wajib memiliki kompetensi dasar dan kompetensi bidang sesuai tuntutan jabatan dan peranannya sebagai penyelenggara negara, pemerintah, dan masyarakat.Oleh karena itu perlu dilakukan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

“SKB merupakan seleksi untuk mengukur kemampuan dan karakteristik peserta dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang diperlukan dalam melaksanakan tugas jabatan PNS yang sifatnya mengasah kemampuan mengenal jabatan dan juga keterampilan sesuai formasi yang dipilih. Namun yang berhak mengikuti SKB adalah peserta yang lolos passing grade SKD dan masuk peringkat,” beber Fatmawati kepada media ini beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah SKB CAT telah terlaksana dengan lancar dan tertib berkat kerja sama pihak UPT Badan Kepegawaian Negara (BKN) Donggala-Palu dengan panitia pelaksana seleksi dari Balai POM di Palu hingga peran para peserta SKB,” ujar Fatmawati.

Namun diujarkan Fatmawati pelaksanaan tes praktek di BPOM Palu tidak diselenggarakan  karena peserta yang memilih jabatan pranata komputer tidak satupun lolos sesuai ketentuan passing grade SKD.

Fatmawati menekankan, bahwa kegiatan kali itu mengetatkan tata tertib yang telah ditetapkan BPOM Palu yaitu menerapkan protokol kesehatan untuk sesi tatap muka.

“Seluruh peserta hadir dalam keadaan sehat dan tidak ada peserta dengan hasil pengukuran suhu dibawah ketentuan umumnya,” imbuh Fatmawati.

Di samping itu, pelaksanaan tes wawancara dilakukan secara daring dari kediaman masing-masing melalui Zoom Cloud Meeting dengan tim pewawancara dari BPOM Palu, PPSDM, dan Biro SDM pada 30 November 2021 jam 09.00- 16.30 waktu setempat. Tes praktek kerja untuk Jabatan Pranata Komputer pelaksanaannya secara luring pada kantor pusat/ Balai POM/ Loka POM.

Dia mengharapkan, ke depan Balai POM Palu pascaseleksi tersebut memperoleh CPNS sesuai formasi yang dibutuhkan sebagai calon SDM yang unggul dalam rangka mewujudkan PNS yang bersih, kompeten, dan melayani, sebagai penyelenggara negara dan pelayan masyarakat.

“Setelah kegiatan seleksi CAT selesai, pihak BKN menyerahkan berita acara dan dokumen hasil pelaksanaan SKB kepada pihak Balai POM Palu,” jelasnya.

Adapun formasi Jabatan CPNS di Balai POM di Palu tahun 2021 antara lain Ahli Pertama- Pengawas Obat dan Makanan, Ahli Pertama- Analis Pengelola Keuangan, Ahli Pertama- Pranata Komputer, Terampil- Penata Laksana Barang.

Sebelumnya peserta SKB CPNS Badan POM wajib mengikuti seluruh tahapan SKB yakni bagi pelamar Jabatan Pranata Komputer: Computer Assisted Test (CAT), Wawancara dan Test Praktek Kerja. Sementara bagi pelamar jabatan selain pranata komputer yaitu Computer Assisted Test (CAT) dan test wawancara. (*)

Reporter: Muhammad Faiz Syafar

Ayo tulis komentar cerdas