Rustam Efendi. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)
  • Pemkab Donggala Beralih Gunakan Aplikasi

Donggala, Metrosulawesi.id – Sekda Donggala, Rustam Effendi dalam waktu dekat akan melaunching aplikasi SIAP (sistem informasi absen pegawai). Aplikasi ini merupakan tindak lanjut dari PP Nomor 94 tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai.

“ASN Donggala harus disiplin. Saya harus menerapkan PP 94 tahun 2021, saya tidak pakai sudah itu absen sidik jari, banyak ba bohong itu karena bisa diedit, sekarang kita absen pegawai pake android (HP) nama aplikasinya SIAP (sistem informasi absen pegawai),” kata Sekda Rustam Effendi di kantornya, Kamis 16 Desember 2021.

“Penerapan PP 94 Tahun 2021 ini sangat tegas, apabila ASN tidak masuk kantor selama 24 hari berturut-turut langsung saya pecat. Saya tidak main-main dan berani memecat ASN, ya itu tadi berdasarkan absensi aplikasi SIAP (sistem informasi absen pegawai),” sebutnya lagi.

Ia menjelaskan aplikasi SIAP (sistem informasi absen pegawai) telah selesai disosialisasikan di setiap OPD dan diupayakan aplikasi ini akhir Desember segera launching agar di tahun depan penerapannya bisa segera dilakukan.

Sistem kerja dari Aplikasi SIAP adalah setiap pegawai harus memiliki HP Android yang sudah diinput admin masing-masing OPD.

“Pegawai tidak bisa ba absen dari rumah, aplikasi ini ada setting areanya (shareloc) kami sudah siapkan perangkatnya, jadi tidak bisa main-main, aturan harus tegas, ASN harus disiplin, saya berani lakukan pemecatan jika 24 hari berturut-turut tidak masuk kantor,” bebernya.

“Jadi tidak ada lagi alasan pegawai ‘saya tinggal di Palu pak, kendaraan susah ke Donggala’. Pokoknya harus mematuhi PP 94 tahun 2021, kalau malas masuk pecat, aturan yang saya tegakkan,” jelasnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas