MENUNGGU KAPAL - Suasana terminal Pelabuhan Pantoloan dipenuhi calon penumpang yang menungu kedatangan kapal Pelni di Pelabuhan Pantoloan Palu, Senin 13 Desember 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Djunaedi)
  • Pelni Berlakukan Calon Penumpang Harus Sudah Vaksin

Palu, Metrosulawesi.id – Menjelang libur Natal 2021 dan Tahun Baru (Nataru) 2022 pada Senin 13 Desember 2021, ratusan calon penumpang kapal penumpang Pelni menyerbu Pelabuhan Laut Pantoloan Palu, yang bertepatan dengan kedatangan dua kapal.

Pantauan wartawan Metrosulawesi, kepadatan penumpang sudah terlihat sejak pukul 08.00 WITA, sedangkan informasinya kapal baru akan tiba pada pukul 14.00 WITA dan 17.00 WITA.

Kedatangan calon penumpang beberapa jam sebelum kedatangan kapal itu, diakibatkan hampir sebagian besar para calon penumpang harus mengurus beberapa surat yang dijadikan syarat untuk dapat membeli tiket, di antaranya surat yang menyatakan calon penumpang sudah mendapatkan vaksin Covid tahap I atupun tahap II. Namun bagi penumpang yang sudah melengkapinya, dapat langsung mengantre di loket pembelian tiket.

Bagi para calon penumpang yang belum menerima vaksin Covid tahap dua, bisa langsung mendapatkannya di gerai vaksin yang didirikan Polsek KP3 Pantoloan, bersama Puskesmas terkait yang berada di dalam kompleks terminal Pelabuhan Pantoloan Palu.

Kepala Bagian Operasi dan Pelayanan Kapal Penumpang PT.Pelni Cab Palu-Donggala, Eko Agung Laksono, mengakui pada hari itu, ada dua Kapal Motor yang akan sandar di Pelabuhan Pantololoan Palu, yakni KM Lambelu dan KM Labrodar.

“Untuk jumlah penumpang sekitar 500, orang dengan tujuan Balikpapan dan Surabaya,” ucapnya.

“Saat ini ada peningkatan jumlah penumpang. Hari biasanya biasanya hanya 200 orang. Saat ini naik sekitar 40 hingga 60 persen,” tambahnya.

Peningkatan jumlah penumpang menjelang Nataru mulai terlihat sejak hari Senin, hingga jelang natal perkiraan H-7 di hari Natal dan untuk arus balik, diperkirakan Minggu pertama Januari 2022.

Sementara itu, Kapolsek KP3 (Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan) Pantoloan Palu, IPDA Nur Habib Auliya S.Tr.K, menyatakan pihaknya dalam menghadapi lonjakan penumpang libur Nataru, selain mempersiapkan pengamanan, juga mendirikan gerai Vaksin.’

“Kami di-beckup Polres Palu, untuk memfalsilitasi mendirikan gerai Vaksin di dalam lingkungan terminal Pelabuhan Pantoloan, bersama dengan dua tenaga kesehatan dari Puskesmas Pantoloan dan petugas Kesehatan Pelabuhan,” ucapnya.

Habib menjelaskan, gerai Vaksin yang didirikan itu ditujukan untuk para penumpang ataupun pengantar dengan melayani vaksin tahap I atau pun Tahap II.

Seorang Calon penumpang Kapal, Rusman, kepada wartawan Metrosulawesi mengungkapkan dirinya bersama dengan keluarganya memilih naik kapal laut ke Balikpapan, dikarenakan biaya yang lebih murah.

“Untuk lebih murah saja, ketimbang naik pesawat, dan juga saat ini PPKM level 3 seluruh indonesia tidak berlakukan, jadi bisa sambil liburan dengan keluarga di Balikpapan,” ucapnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas