Ketua Stering Commite PSSI, Ismail Pangeran. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Asosiasi provinsi (Asprov) PSSI Sulawesi Tengah (Sulteng) telah memastikan bahwa ada 36 hak suara atau voters pada pelaksanaan Kongres yang akan digelar tanggal 20 Desember 2021 di Palu Golden Hotel.

Hal demikian dijelaskan Ketua stering committee PSSI Sulteng, Ismail Pangeran, saat dihubungi Metrosulawesi.id, Selasa (14/12/2021). 36 voters itu, menurut dia,  ialah pengurus Askab dan Askot dan sisanya adalah keterwakilan dari klub sepak bola dan juga futsal.

“Ada 1 Askab yang tidak mempunyai hak suara, klub ada 5 yang tidak memenuhi syarat untuk mengikuti kongres PSSI,” jelasnya

Menurut Ismail, verifikasi itu dilakukan pada Senin (13/12/2021) malam. Verifikasi itu dilakukan berdasarkan statuta PSSI terkait klub yang memiliki hak suara pada saat pelaksanaan Kongres.

Berdasarkan statuta, Ismail bilang, keterwakilan klub yang memiliki hak suara salah satunya harus aktif minimal dua tahun mengikuti pertandingan. Sedangkan untuk Askab dan Askot, harus memiliki badan kepengurusan yang sah.  Selain itu, kata Ismail, pada statuta juga dijelaskan ada hak suara keterwakilan dari wasit.

“Tapi di Sulteng kan belum ada SK menangani perwasitan, itu harus dibuatkan oleh pengurus dulu baru bisa,” jelasnya.

Di sisi lain, Ismail menjelaskan semua yang diperlukan pada saat pelaksanaan kongres sudah berjalan lancar. Menurutnya, secara teknis tidak ada hal yang menjadi masalah. Surat undangan juga sudah dikirim ke Askot dan Askab serta klub-klub yang akan menjadi peserta kongres.

“Kita pada hari minggu akan final chek untuk rapat persiapan pada Kongres Senin nanti,” ucapnya.

Diketahui, ada tiga nama bakal calon yang akan maju menjadi ketua umum pada kongres nanti. Nama ketiga calon yang berhasil terjaring itu ialah Rusdy Mastura, Hadianto Rasyid, dan Farden Deny Saino. Dengan demikian, ketiga calon itu akan ditentukan menjadi Ketum PSSI Sulteng melalui 36 peserta kongres pekan depan.

Selanjutnya, kata Ismail, ketiga calon tersebut akan dipastikan kembali ketersediaanya akan bertarung atau tidak pada saat pelaksanaan Kongres.

“Calon sudah terverifikasi semua, yang pasti bakal ada tiga bakal calon,” jelas Ismail Pangeran pekan lalu. (*)

Reporter: Adi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas