Gubernur H Rusdy Mastura menyampaikan sambutan dalam acara seminar pemajuan kebudayaan yang digelar Dinas Dikbud Sulteng di Palu, Rabu (15/12). (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura memberikan apresiasi atas usulan pembentukan organisasi perangkat daerah (OPD) baru, yakni Dinas Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah. 

Hal itu disampaikan Gubernur saat menyampaikan sambutan pada pembukaan seminar pemajuan kebudayaan di Palu, Rabu (15/12).
Sebelumnya Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Dikbud Sulteng, Dr Rachman Ansyari dalam laporannya menyinggung soal perlunya Dinas Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah.

“Indeks kebudayaan Sulawesi Tengah berada di posisi 27. Karena itu kami usulkan perlunya Dinas Kebudayaan untuk memaksimalkan pembangunan kebudayaan dalam perspektif perlindungan masyarakat adat se Sulteng,” kata Rachman.

Menanggapi hal itu Gubernur memberikan apresiasi.

“Saya apresiasi usulan kepala Bidang Kebudayaan. Insya Allah bisa kita wujudkan,” kata Gubernur. 

Gubernur juga menegaskan kalau pemerintah memberi perlindungan terhadap masyarakat adat. Karena itu Gubernur mengajak semua pihak untuk saling menghargai dan menghormati kebudayaan masing-masing.
 
“Mari kita hormati kebudayaan masing-masing, agar daerah kita semakin kuat. Bila ada hal-hal terjadi bisa secara cepat diatasi oleh masyarakat adat,” katanya.

Seminar mengambil tema “pemajuan kebudayaan dalam perspektif perlindungan masyarakat adat se Sulteng”. Narasumber yang dihadirkan antara lain dari Kemendikbudristek, Tenaga Ahli Gubernur serta Badan Masyarakat Adat Sulteng.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas