PERCEPAT TARGET - Tim vaksinasi BIN di SMA N 1 Parigi Utara, Kabup Parigi Moutong, Kamis 10 Desember 2021. (Foto: Istimewa)
  • BIN Sulteng Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Palu, Metrosulawesi.id – Sebagai upaya mempercepat realisasi vaksinasi, Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulawesi Tengah ikut berkontribusi membantu pemerintah daerah setempat.

Keterlibatan BIN dalam upaya mengendalikan dan mencegah penyebaran virus Covid-19, juga untuk meminimalkan angka kematian akibat infeksi pandemi tersebut.

Selain itu, Kepala BIN Daerah Sulawesi Tengah Brigjen TNI Andi Chandra As’adudin mengatakan, melalui Komunitas Intelijen Daerah (Kominda), ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan terhadap upaya pengendalian dan pencegahan virus Covid-19, diidentifikasi dan dianalisa kemudian disajikan dalam bentuk informasi intelijen kepada pemerintah untuk digunakan dalam perumusan kebijakan.

“Rapat Kominda Sulteng dilaksanakan secara berkala dan selalu mengangkat isu Covid. Selain anggota tetap Kominda, rapat juga dihadiri pihak terkait seperti Satgas Covid”, kata Andi Chandra, Ahad 12 Desember 2021.

Binda Sulteng juga berpartisipasi dalam pelaksanaan vaksinasi guna membentuk herd immunity (kekebalan kelompok) agar masyarakat terlindungi dari wabah Covid 19.

Dalam kegiatan vaksinasi tersebut, Binda Sulteng bekerjasama dengan pemerintah daerah, di antaranya Pemkab Poso, Parigi Moutong, Morowali, Banggai, Morowali Utara, Banggai Kepulauan dan Pemkot Palu.

Bentuk kerjasama berupa mendukung cakupan vaksinasi melalui penyiapan sasaran vaksin, merekrut dan mengoperasional tenaga vaksinator, dan bantuan vaksin.

Beberapa kegiatan vaksinasi BIN dimonitor langsung Presiden Joko Widodo secara virtual, seperti vaksinasi Santri di Kompleks Alkhairaat Palu, serta vaksinai pelajar di SMA Negeri 3 Poso dan SMA Negeri 1 Parigi.

Kabinda Andi Chandra mengapresiasi Pemerintah Daerah yang telah bekerja keras untuk memperluas cakupan vaksinasi di wilayahnya untuk mencapai sasaran yang ditargetkan pemerintah pusat sebesar 70 persen pada akhir Desember 2021.

Capaian vaksinasi dosis 1 di Provinsi Sulteng saat ini, diakui baru mencapai 1.139.362 orang atau 53,3 persen dari total sasaran 2.135.907 orang. Pemprov Sulteng dengan dukungan TNI, Polri dan BINDA terus meningkatkan sinergisitas di lapangan guna mencapai target 70 persen.

Kabinda Andi Chandra mengakui terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaan vaksinasi di Sulteng di antaranya, massifnya informasi negatif di awal pelaksanaan vaksinasi, stok vaksin sempat difokuskan di Pulau Jawa, dan kondisi geografis wilayah.

Beberapa kendala lainnya tidak kami sebutkan secara terbuka. Namun berbagai kendala tersebut dapat diatasi dengan keterpaduan berbagai pihak.

“Semoga sisa waktu 20 hari pencapaian target vaksinasi nasional sebesar 70 persen pada Desember 2021 dapat dipenuhi oleh pemerintah daerah,” demikian Kabinda Sulteng Brigjen Andi Chandra.

Selain, BIN, Pemkab Poso melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga menggenjot vaksinasi. Plt Kadis Dikbud Poso, Dedriawan Talingkau mengaku telah mengajak semua pengawas dan para kepala sekolah untuk mempercepat capaian vaksin Covid.

“Saya instruksikan kepala sekolah agar melakukan pendataan pada siswa yang sudah atau yang belum divaksin. Bagi yang belum agar didorong supaya segera divaksin,” katanya.

Reporter: Tahmil Burhanuddin – Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas