Suasana pedagang yang ada di seputaran Pasar Induk Tradisional (PIT) Inpres Manonda, Kota Palu. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)
  • Jelang Nataru di Kota Palu

Palu, Metrosulawesi.id – Menjelang perayaan hari natal dan tahun baru (Nataru) 2022, beberapa harga kebutuhan bahan pokok yang dijual para pedagang di sejumlah pasar induk tradisional (PIT) Kota Palu, semakin tidak terkendali.

Pantauan Metrosulawesi di Pasar Inpres Manonda, Ahad 12 Desember 2021, harga cabai merah sudah menembus angka Rp80 ribu per kilogram. Sedangkan, untuk cabai hijau dan cabai keriting di kisaran Rp45 ribu hingga Rp50 ribu per kilogram.

Sementara telur ayam juga mengalami kenaikan dari yang sebelumnya Rp38 ribu hingga Rp40 ribu naik di kisaran Rp40 ribu hingga Rp46 ribu per rak. Begitu pula dengan daging ayam potong dari Rp21 ribu per kilogram saat ini berkisar Rp23-Rp24 ribu.

Demikian harga minyak goreng kemasan bermerek untuk ukuran satu liter dibandrol antara Rp20ribu hingga Rp22 ribu. Sama halnya minyak goreng ukuran dua liter yang kini mengalami kenaikan mencapai sekitar Rp42 ribu.

Selain itu, untuk harga daging sapi kurang lebih sudah tercatat mencapai Rp120 ribu hingga Rp125 ribu per kilogram. Sedangkan, tepung terigu dari harga Rp10 ribu naik menjadi Rp12 ribu per kilogram. Demikian pula gula pasir naik Rp13 ribu hingga Rp14 ribu/kg.

Lain halnya Tomat sayur masih cukup stabil Rp6.000 per kilogram. Sementara untuk bawang merah dan bawang putih berkisar antara Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per kilogram. Di samping itu, daging ayam ras bertahan di angka Rp50 ribu per kilogram.

HARGA SEJUMLAH KEBUTUHAN POKOK
Cabai Merah Rp80 ribu/Kg
Cabai Keriting Rp50 ribu/Kg
Telur Ayam Rp46 ribu/Rak
Ayam potong Rp24 ribu/Kg.
Minyak Goreng 2 Lt Rp42 Ribu
Daging Sapi Rp125 ribu/Kg.
Tepung Terigu Rp12 ribu/Kg
Gula Pasir Rp14 ribu/kg.
Tomat sayur Rp6.000/kg.
Bawang Merah Rp25 ribu/kg
Bawang Putih Rp30 ribu/kg
Ikan Katombo Rp20 ribu/Kg
Ikan Bandeng Rp25 ribu/kg

Sedangkan, untuk harga Ikan katombo mengalami sekitar Rp20 ribu per kilogram. Begitu juga dengan Ikan bandeng dari Rp23 ribu naik menjadi Rp25 ribu per kilogram. Harga Ikan cakalang berkisar antara Rp30 ribu hingga Rp35 ribu per kilogram.

Ulfa, salah satu ibu rumah tangga (IRT) mengeluh adanya kenaikan harga kebutuhan bahan pokok tersebut di akhir tahun 2021. Dirinya bahkan mengungkapkan juga mengurangi takaran memasak menggunakan minyak goreng dan cabai.

“Ini sungguh sangat menyulitkan masyarakat dari kalangan ekonomi menengah ke bawah. Mau tidak mau kita sebagai Ibu rumah tangga harus irit dalam berbelanja di tengah harga sudah naik di ambang batas,” ujar Ulfa.

Ulfa berharap kepada pemerintah daerah agar segera mengambil langkah dalam menjaga kestabilan harga yang ada di pasaran. Sehingga, lanjut dia, hal itu bisa dapat membantu dan meringankan beban masyarakat khususnya di Kota Palu.

Pembeli lainnya juga mengungkapkan hal yang sama. Ani mengaku kondisi seperti ini begitu sangat meresahkan masyarakat kecil. Di mana harga yang tengah mengalami kenaikan di tengah pemulihan ekonomi nasional (PEN).

“Mau diapa biar mahal tetap juga dibeli. Posisinya kita sebagai masyarakat butuh dengan bahan pokok. Kalau sebelumnya belanja yang bisa dapat banyak, sekarang sudah dibagi dan harus dirinci mengenai kebutuhan apa yang mau dibeli,” ujar Ani.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas