Ayatullah. (Foto: Istimewa)
  • Proyek Pembangunan SD dan SMP Belum Dibayarkan

Tolitoli, Metrosulawesi.id – Proyek pembangunan Sekolah Dasar (SD) dan (SMP) di Kabupaten Tolitoli yang dananya menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2021 telah  rampung 100 persen. Namun dana proyek kepada kontraktor  belum dibayarkan.

Kepala Bidang (Kabid) SD, SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Tolitoli Hayatullah saat ditemui di ruang kerjanya Jumat (10/12/2021) mengatakan, beberapa SD dan SMP yang telah rampung secara keseluruhan dikerjakan. Namun pihak rekanan belum dibayarkan karena masih menunggu transferan dana dari pusat.

Dikatakan,dari jumlah SD dan SMP secara keseluruhan sisa pembayarannya tinggal sekitar 30% lagi.  

“Sekitar Rp 6 miliar lagi dana transferan DAK dari pusat yang belum dikirim ke rekening daerah dan hingga saat ini kami masih menunggu,” jelasnya.

Kabid SD, SMP Dinas Pendidikan Toli-toli berharap agar kiranya kontraktor yang telah menyelesaikan pekerjaannya untuk tetap bersabar.

“Kalau sisa dana DAK itu sudah ditransfer oleh pusat, kita langsung memberi tahu kepada kontraktor dan langsung kita bayarkan uangnya,”kata Ayatullah.

Ditambahkan, hingga kini masih ada sebagian kontraktor yang masih merampungkan pekerjan sekolah meski masa kontraknya telah usai.

“Iya masih ada pihak rekanan yang terus memacu penyelesaian pekerjaan, namun rata-rata tinggal sebatas finishing,” jelasnya.

Reporter: Aco Amir
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas