Sumarno. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah Provinsi Sulteng memastikan tetap meniadakan mudik gratis dalam rangka Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini. Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dishub Provinsi Sulteng, Sumarno, menerangkan meski PPKM level 3 batal berlaku, mudik gratis tetap ditiadakan.

“Sudah terlanjur batal, sudah tidak bisa ditarik, tetap ditiadakan (mudik gratis),” terangnya kepada Metrosulawesi, Kamis 9 Desember 2021.

Sebelumnya, Sumarno telah menerangkan mudik gratis Nataru kembali ditiadakan menyahuti rencana Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 seluruh Inodnesia yang seyogiayan berlaku pada akhir Desember mendatang. Namun keputusan terbaru pemerintah pusat batal memberlakukan PPKM level 3.

“Pertimbangan pembatalan merujuk ke perencanaan awal mau diberlakukan PPKM level 3. Tentu kalau level 3 ketat, rujukan itu yang kita pakai. Tapi saya pikir mudik juga pasti dibatasi. Itulah yang mendasari kita adanya pembatasan mudik walaupun PPKM level 3 dibatalkan akan berlaku,” jelas Sumarno.

Sumarno mengharapkan masyarakat memahami peniadaan mudik gratis Nataru dalam masa pandemi Covid-19. Kondisi yang belum 100 persen membaik juga menjadi pertimbangan peniadaan mudik gratis.

“Minta maaf kepada masyarakat luas untuk tahun ini kita batalkan dulu mudik gratis,” ucapnya.

Disebut, anggaran mudik gratis Nataru telah digunakan dalam kegiatan kampanye keselamatan lalu lintas jalan yang telah dilaksanakan baru-baru ini. Sumarno menyebut seyogianya tahapan program mudk gratis telah dimulai sejak awal Desember 2021 dari pengumuman pelaksanaan mudik gratis dan pembukaan pendaftaran di pusatkan di Kantor Dishub Provinsi Sulteng di Palu.

“Tinggal tahun depan mau dilihat lah, kalau sudah aman kita laksanakan karena sekarang masih banyak ketakukan jangan sampai ada gelombang ke tiga Covid-19,” tandas Sumarno.

Diketahui, program mudik gratis telah ditidakan sejak virus corona merebak tahun lalu. Mudik gratis yang biasanya dilaksanakan untuk Hari Raya Idul Fitri dan Nataru tidak bisa dilaksanakan dampak pandemi Covid-19. Namum Dishub tetap akan memprogramkan mudik gratis dalam rangka Hari Raya Idulfitri serta Hari Raya Natal dan Tahun Baru tahun 2022.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas