TANAM JAGUNG - Wabup Sigi, Samuel Y Pongi bersama PUP dan Distanhorbun Sigi, melakukan penanaman jagung hybrida di lahan tidur Desa Langaleso, Kamis, 9 Desember 2021. (Foto: Istimewa)

Sigi, Metrosulawesi.id – Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Samuel Y Pongi bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUP) dan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Sigi, melakukan penanaman jagung hybrida di lahan tidur Desa Langaleso, Kecamatan Dolo, Kamis, 9 Desember 2001.

Wabup Samuel mengatakan, program ini adalah sinergitas DPUP dan Distanhorbun Sigi. Lahan tersebut merupakan lahan yang tidak termanfaatkan pasca gempa 2018 silam.

Dijelaskan, DPUP mempunyai program untuk membantu meratakan tanah atau menggemburkan lahan tidur yang rusak melalui alat berat dan Distanhorbun menyediakan bibit sekaligus sumur dangkal.

“Total lahan yang akan dioptimalisasi seluas 200 hektar terbagi di Dolo dan Biromaru, dan saat ini lahan yang sudah diolah seluas 50 hektar,” ujar Wabup pada kegiatan yang dihadiri, Kepala Distanhorbun, Rahmad Iqbal, perwakilan DPUP, Kades Langaleso serta penyuluh wilayah itu.

Mantan Kadis Koperasi dan UMKM Sigi itu berharap, lahan tidur pascagempa dan likuifaksi yang tidak termanfaatkan bisa dikoordinasikan DPUP dan Distanhorbun, sehingga bisa dimanfaatkan.

Wabup menambahkan, melalui koordinasi dan komunikasi Pemerintahan Kabupates Sigi dan Balai WIlayah Sungai III, ditargetkan Desember 2023 jika tidak kendala Irigasi Gumbasa akan mengalir sampai Kecamatan Biromaru.

“Artinya sudah fungsional kembali 100 persen sebagaimana sebelum kejadian bencana 28 September 2018,” tutupnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas