KEJUARAAN PANAHAN - Panahan Ground salah satu cabor binaan Pordasi Sulawesi Tengah. (Foto: Ist/ Dok. Pordasi Palu)

Palu, Metrosulawesi.id – Persatuan olahraga berkuda seluruh Indonesia (Pordasi) Kabupaten Poso hari ini, Jumat (10/12/2021) melangsungkan lomba panahan pordasi Poso Cup di Lapangan Sintuwu Maroso. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini merupakan even terbesar yang diadakan Pordasi terlebih sempat vakum selama pandemi Covid-19.

“Ini kejuaraan terbesar lagi yang diadakan. Sebelumnya sempat terselenggara, tapi itutahun 2019 sebelum ada pandemi Covid-19,” kata Ketua Panitia, Agus Salim saat dihubungi Metrosulawesi.id dari Palu, Kamis (09/12/2021).

Menurut Agus, peserta pada lomba panahan ground kali ini diikuti oleh beberapa daerah di wilayah Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah. Kabupaten maupun Kota itu antara lain Makassar, Luwuk, Banggai, Ampana, Toli-toli dan Kota Palu. Jumlah pendaftar sementara berjumlah 153 orang yang sebelumnya dilangsungkan secara online. Tidak menutup kemungkinan akan bertambah sebab panitia masih membuka pendaftaran di loaksi kegiatan.

Kejuaraan kali ini akan mempertandingkan tiga kategori yakni kategori umum Putra dan putri, serta kelas Junior. Pada kategori putra akan mempertarungkan panahan ground di kelas 30,50, dan 70 Meter. Selanjutnya kategori putri di kelas 25 dan 30 Meter, serta kelas Junior 15 Meter.

“Pada hari pertama dan kedua akan dilakukan akumulasi poin terlebih dahulu, dan pada hari minggu baru akan dilaksanakan babak final,” ujar Agus.

Ia pun mengungkapkan, kali ini pihak panitia sudah menyiapkan bonus senilai belasan juta rupiah. Ajang kali ini, menurut dia, juga rencananya akan menjadi seleksi untuk para atlet yang akan mewakili Sulteng pada cabor panahan di tingkat nasional.

Hal demikian dibenarkan ketua Pordasi Sulteng, Anjas Lamatata. Menurut dia, lomba panahan yang digelar di kabupaten Poso merupakan pembinaan atlet bidang Hourseback  Archery atau HBA.

“Lomba sekaligus seleksi atlet persiapan porprov dan seleksi kejurnas yang diadakan  Pordasi Jawa Timur bulan maret 2022,” katanya. (*)

Reporter: Adi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas