JUARA UMUM - Wakil Walikota Palu, dr Reny A Lamadjido menyerahkan tropi juara umum kepada Kecamatan mantikulore pada penutupan pekan olahraga dan seni di Lapangan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Palu, Rabu (08/12/2021). (Foto: Metrosulawesi/ Adi Pranata)

Palu, Metrosulawesi.id – Kecamatan Mantikulore berhasil keluar sebagai juara umum usai meraih medali terbanyak pada pekan olahraga dan seni (Porseni) kota Palu 2021 yang dilaksanakan 1-7 Desember. 

Penutupan porseni sekaligus penyerahan hadiah dilakukan langsung oleh Wakil Walikota Palu, dr Reny A Lamadjido, di Lapangan Dinas Pemuda dan Olahraga daerah setempat, Rabu (08/12/2021).

Porseni yang baru kali digelar di masa Pandemi Covid-19 ini, diikuti 8 kecamatan dan juga perwakilan pelajar dari Sekolah Menengah Atas di Kota Palu. Juara umum Kecamatan Mantikulore total meraih sebanyak 5 medali yang empat di antaranya disumbang lewat olahraga tradisional.

Pada cabor sepak bola, Kecamatan Palu Utara diketahui berhasil meraih juara pertama, disusul Tatanga posisi kedua dan Tawaeli di tempat ketiga. Selanjutnya, juara pertama cabor futsal diraih oleh Kecamatan Ulujadi disusul Kecamatan Tawaeli, dan Palu Utara

Kemudian, juara pertama cabor voli putri berhasil diraih oleh kecamatan Palu Utara, disusul Mantikulore, dan Palu Selatan. Serta cabor takraw posisi pertama diraih oleh  Tawaeli, disusul Tatanga posisi kedua, dan Palu Barat di posisi ketiga.

Sementara itu, ada 4 jenis olahraga tradisional yang dipertandingkan untuk dua kategori yakni tingkat kecamatan dan pelajar. Olahraga itu yakni engrang, tarik tambang, bakiak dan hadang.

Untuk cabor engrang, hadang, dan bakiak tingkat kecamatan, juara pertama berhasil disapu bersih oleh Kecamatan Mantikulore sebagai peraih juara umum. Sedangkan dicabor tarik tambang berhasil diraih Kecamatan Palu Selatan.

Pada tingkat pelajar, SMA Negeri 3 Palu berhasil meraih juara di tiga cabor tradisional yakni engrang, tarik tambang, dan bakiak. Sementara untuk hadang berhasil direbut SMA Negeri 8 Palu. 

Terakhir, pada lomba kesenian antar pelajar tingkat kecamatan yang memperlombakan paduan suara dan juga baca puisi. Paduan suara juara pertama atau teladan 1 berhasil diraih Kecamatan Tawaeli. Baca puisi berhasil diraih Kecamatan Ulujadi.

“Semoga porseni ini bisa berkelanjutan dan lebih dimatangkan lagi. Saya berharap Adik adik tidak bosan untuk mengikuti Porseni, karena lewat ini kita bisa menentukan minat bakat kita,” kata Wawali Palu, Reni A Lamadjido di sela menutup kegiatan. (*)

Reporter: Adi Pranata

Ayo tulis komentar cerdas