PANTAU PILKADES - Wabup Poso, Yasin (kiri) didampingi Kapolres Poso AKBP Rentrix Ryaldi Jusuf meninjau salah satu TPS saat Pilkades serentak di Poso, Sabtu 4 Desember 2021. (Foto: Dok. Polres Poso)

Poso, Metrosulawesi.id – Sebanyak 80 Desa di 16 kecamatan di Kabupaten Poso menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, Sabtu 4 Desember 2021. Pilkades berjalan lancar dan aman meski berada di bayang-bayang ancaman teror.

Desa Bethania dan Desa Bega di Kecamatan Poso Pesisir menjadi fokus pemantauan. Wakil Bupati Poso, Yasin bersama Forkopimda memantau langsung pelaksanaan pilkades di kedua desa tersebut.

Wabup bahkan sempat melakukan video conference dengan Kemendagri yang juga memantau langsung pelaksanaan Pilkades serentak di seluruh wilayah Indonesia. Pilkades di Poso menjadi salah satu kabupaten yang dimonitoring langsung.

Wabup Yasin melaporkan pelaksanaan Pilkades serentak di Poso telah dipersiapkan beberapa bulan sebelum hari H. Termasuk regulasi penjaringan bakal calon kades yang ikut bertarung, persiapan alat-alat peraga pilkades, termasuk baliho dan kelengkapan lainnya.

Dalam video conference itu, Yasin juga melaporkan bahwa pelaksanaan Pilkades serentak di Poso dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Jumlah pemilih di dalam satu TPS dibatasi seratus orang. Dan datang ke TPS secara bergelombang untuk menghindari kerumunan massal.

Selain itu, Wabup juga membeberkan pelaksanaan Pilkades serentak di Poso hari ini juga sudah ditetapkan hasilnya secara berjenjang ke tingkat desa diteruskan ke tingkat kecamatan dan kabupaten.

Dari keseluruhan 80 desa yang melaksanakan Pilkades serentak, ada 32 desa masuk dalam wilayah Operasi Satgas Madago Raya. Personel TNI Polri Satgas Madago Raya yang berada di Pos Sekat atau Pos Pamrahwan dilibatkan untuk mengamankan jalannya Pilkades.

“32 Desa di Kabupaten Poso telah melaksanakan Pilkades serentak pada Sabtu (4/12/2021),” terang AKBP Bronto Budiyono selaku Wakasatgas Humas Ops Madago Raya kepada awak media di Poso, Ahad 5 Desember 2021.

Bronto menambakan, 32 Desa yang melaksanakan Pilkades berada di Kec. Poso Pesisir sebanyak 8 desa, Kec. Poso Pesisir Selatan sebanyak 5 desa, Kec. Poso Pesisir Utara sebanyak 5 desa, Kec. Lore Timur sebanyak 5 desa, Kec. Lore utara sebanyak 6 desa, dan Kec. Lore Piore sebanyak 3 desa.

“Alhamdullilah pada pelaksanaan Pilkades serentak di Kab. Poso dapat berjalan aman, lancar dan kondusif. Ini membuktikan bahwa Satgas Madago Raya tidak hanya melakukan pencarian DPO teroris Poso, tetapi juga selalu siap membantu setiap kegiatan masyarakat dan pemerintah agar agenda yang dilaksanakan dapat berjalan aman,” pungkas AKBP Bronto Budiyono.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas