PRINCE JOHN - Salah satu spot favorit wisatawan lokal maupun mancanagera, di Tanajung Karang dengan konsep natural bunbgalows serta keindahan panorama laut. (Foto: Ist/ Dok. Prince John)
  • Prince John, Tanjung Karang, Kabupaten Donggala

PESONA wisata laut Tanjung Karang, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, masih menjadi salah satu spot favorit wisatawan lokal maupun mancanagera. Terletak pada ujung Teluk Palu yang mengarah ke laut lepas menambah keeksotisan Tanjung Karang. Pelaku usaha wisata pun menjamur, mulai dari ragam kuliner, diving and snorkeling rental, cottages,  bungalow, hingga penginapan.

Pada Jumat, 3 Desember 2021, untuk kesekian kalinya, penulis berkesempatan mengunjungi Tanjung Karang, tidak sebagai wisatawan lokal, namun sebagai peramu acara perayaan hari jadi sebuah perusahaan. Setelah bikin janji sebelumnya, akhirnya penulis bertemu dengan Branch Manager (BM) Prince John, Ridwan. Prince John, adalah salah satu bungalows di Tanjung Karang, yang dulunya kata orang hanya khusus disediakan bagi bule alias wisatawan asing. 

“Stigma itu yang sekarang saya bersama teman-teman di Prince John ingin hilangkan. Sebenarnya dari dulu Prince John terbuka untuk umum, silahkan masyarakat Sulawesi Tengah. datang menikmati ragam fasilitas yang kami tawarkan, jadi tidak ada kriteria harus bule ya,” kata Ridwan penuh keramahan.

Setelah berbincang akrab beberapa saat, Ridwan pun langsung mengajak saya untuk melihat berbagai fasilitas Prince John. Kontur tanah kawasan ini berbukit, bungalow-nya pun berjejer di tepian bukit karang yang ditata apik.

“Kami memiliki 15 bungalow untuk tamu, ditambah 1 family house. Insyaallah sangat comfortable bagi para penikmat wisata. Apabila anda tamu disini, ketika anda membuka pintu bungalow, view laut langsung bisa dinikmati, dan tentunya bisa bersantai dengan hammock yang kami sediakan” kata Ridwan.

Pada bagian bawah, tepatnya di tepi pantai, anda dapat menemukan Bar dan Restaurant. Sajian sea food, western food,  hingga makanan khas lokal tersedia pada restaurant yang arsitekturnya terbuat dari kayu dan berlantai dua itu.

“Ini adalah area field (lapangan rumput) yang juga sangat cocok untuk pesta taman, wedding, maupun acara santai sama kolega kantor,” jelasnya.

BUNGALOW – Suasana Prince John bungalow yang sangat cocok untuk menghabiskan masa liburan anda. (Foto: Ist/ Dok. Prince John)

Karena letaknya di daerah berbukit, kawasan Prince John ini terbilang unik. Pasalnya, pada bagian atasnya, anda dapat menemukan lapangan rumput yang terawat baik, tepatnya di belakang bungalows. Jika menuju pantai, para penyewa bungalow pasti akan melewati field, menuruni beberapa anak tangga,dan langsung menginjakkan kaki di atas pasir putih pantai Tanjung Karang.

“Keunikan Prince John adalah kawasannya yang berbukit. Ini nilai jualnya. Kami juga menyediakan diving rental sekaligus sama instrukturnya, begitu juga bagi tamu ingin snorkelling. Alhamdulillah, pantai di depan Prince Johnini terumbu karangnya juga masih terawat, artinya bagi yang suka snorkelling, spotnya tidak terlalu jauh,” jelasnya.

Ridwan menambahkan bahwa ke depannya, pihaknya akan berbenah dengan menambah beberapa fasilitas.

“Kemungkinan ada penambahan bungalow, kelas VVIP. Kemungkinan besar juga kami akan melakukan penataan, baik di area outdoor maupun indoor supaya bisa menambah daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara,” ungkapnya.

Setelah menikmati tour singkat, penulis pun bersantai di bar, menenggak air mineral plus kopi, dan melanjutkan obrolan ringan bersama Pak Ridwan. Endingnya, Penulis pun memutuskan menyewa venue Prince John sebagai lokasi acara.

“Kita disini punya tag line, Prince John Exactly Yes. Artinya, anda  sudah tepat memilih Prince John.  Terima kasih telah mempercayakan kami sebagai tempat acara. Insyaallah kerjasama ini tetap bisa berlanjut seterusnya,” kata Ridwan. (*)

Reporter: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas