PELARI SULTENG - Dua pelari trail Sulteng, Mab’ud (kiri) dan Deni Rivaldi (kanan), mencatat prestasi di ajang Tke Mandalika Ultra Trtail 100 K, yang digelar Sabtu (4/12/2021) dan Minggu (5/12/2021). (Foto: Ist/ ALTI Sulteng)
  • Deni Rivaldi Finis ke-4 119 K, Mab’ud 20 terbaik 51K

Lombok, Metrosulawesi.id – Pelari trail Sulawesi Tengah, Deni Rivaldi berhasil masuk finish ke-4 di ajang  The Mandalika Ultra Trail 100. Dia mencatatkan waktu  28:50:53 pada lomba ultra trail yang  digelar Minggu, 5 Desember 2021.

Di kelas elite ini, finish pertama diraih atlet Abdul Salam dengan catatan waktu 21:25:02. Diperingkat kedua dan ketiga masing-masing diraih Fandhi Ahmad dan Hendra Siswanto.

Di nomor 119 K, pihak penyelenggara menetapkan Cut of time 30 jam. Dari 30 pelari trail yang ikut dalam perlombaan, peserta yang berhasil menyelesaikan race hanya 16 orang. Sedangkan 14 pelari lainnya DNF (do not finish)

Sehari sebelumnya, Mab’ud asal komunitas KOPILARI yang turun di kelas 51K, barhasil masuk finish 20 terbaik.

“Meskipun demikian, kami merasa sangat senang dan bangga mengikuti Mandalika Ultra Trail 100 tahun ini. Sebab, selain dapat  berpartisipasi, dua pelari kita mampu menunjukkan prestasi yang luar biasa. Keduanya masuk finish dan meraih predikat terbaik di nomor masing-masing,’’ ujar Ketua Asosiasi Lari Trail Sulawesi Tengah,  Mohamad Affan, ST., M.Eng, kepada Meterosulawesi.id, Minggu (5/12/2021) siang.

Dikatakabn Affan—sapaan akrab Mohamad Affan, atlet-atlet trail Sulteng diberi berkah oleh Tuhan Yang Maha Esa karena bisa finish strong. Trek luar biasa dan sangat menantang. Mudah-mudahan tahun depan atlet-atlet kita lebih berpreastasi lagi,’’ tukas  Affan.

Ketua ALTI Sulteng, Mohammad Affan (kedua dari kanan) foto bersama dengan pelari trail Sulteng dan panitia Mandalika Ultra Trail 100 K. (Foto: Ist/ ALTI Sulteng)

Dijelaskan Affan, The Mandalika Ultra Trail 100 atau Mandalika 100 merupakan salah satu event ultra trail run kelas dunia karena menempuh jarak total lebih dari 100 km atau tepatnya 114 km. Namun dalam event ini sebenarnya ada 3 kategori yaitu 25K, 51K dan 114K.

Berbeda event-event serupa yang digelar di Indonesia, event kali treknya menyusuri pantai dan perbukitan di pinggir pantai, sementara yang lainnya medannya di pegunungan dan jalan biasa.

Rute yang ditempuh Mandalika 100 dimulai dari Pantai Kuta Mandalika ke arah timur menuju ke pantai Tanjung Aan kemudian berputar mengelilingi Tanjung Aan, pantai Seger dan kembali melewati Pantai Kuta Mandalika kemudian menuju ke arah barat melewati Pantai Gerupuk, Pantai Are Guling, Pantai Mawun, Pantai Munah, Pantai Telawas, Pantai Semeti, Pantai Mawi, Pantai Selong Belanak, Pantai Tomang-Omang, Pantai Serangan, Pantai Torok, Pantai Nambung, pantai Pengantap,  Pantai Belongas, kemudian melewati desa-desa salah satunya dusun Pengendan dan berakhir di pantai Sekotong. (*/is)

Ayo tulis komentar cerdas