FOTO BERSAMA - Ketua KI Sulteng, Abbas H.A Rahim, didampingi jajaran komisioner foto bersama Wakil Gubernur Ma’mun Amir usai pelantikan, baru-baru ini. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Abbas H.A Rahim, kembali terpilih memimpin Komisi Informasi (KI) Sulteng Periode 2021-2025, sebagai ketua melalui rapat pleno internal Majelis Komisioner Komisi Informasi Sulteng, Kamis 1 Desember 2021.

Sebelumnya, Abbas H.A. Rahim pernah menjadi Ketua Komisi Informasi Sulteng periode 2012-2017. Pada rapat pleno tersebut dari lima orang majelis komisioner, dua orang komisioner menyatakan siap dipilih sebagaia Ketua, yakni, Abbas H.A Rahim dan Ridwan Laki. Abbas unggul tipis dari Ridwan dengan meraih tiga suara, sementara pesaingnya hanya meraih dua suara.

Sementara pada sesi pemilihan Wakil Ketua tiga komisioner yakni, Henny Hasna Ingolo, Jefit Sumampouw dan Sutrisno Yusuf menyatakan siap. Saat penghitungan suara, Sutrisno dan Jefit sama kuat, masing-masing meraih dua suara, sementara Henny satu suara. Untuk menentukan Wakil Ketua, disepakati memilih antara Jefit dan Sutrisno, hasilnya, Jefit berhasil meraih tiga suara, sekaligus ditetapkan sebagai Wakil Ketua.

Adapun tiga komisioner lainnya masing-masing sebagai Kepala Bidang, Henny Hasna Ingolo dipercayakan sebagai kepala bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi, Ridwan Laki, Kepala Bidang Kelembagaan dan Sutrisno Yusuf sebagai Kepala Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi.

Abbas bersama para komisioner lainnya bertekad mewujudkan lembaga negara ini sebagai lembaga yang mandiri, profesional, berintegritas menuju pencapaian keterbukaan Informasi di provinsi Sulawesi Tengah.

“Insya Allah dengan kebersamaan para komisioner, Komisi Informasi Sulawesi Tengah akan menjadi lokomotif untuk menarik gerbong keterbukaan Informasi di Sulawesi Tengah, serta bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menjalankan tupoksi masing-masing demi terwujudnya keterbukaan informasi dimasing-masing badan publik,” ucap Abbas.

Sebelumnya, berlangsung serah terima jabatan dan aset bergerak dari Majelis Komisioner periode 2017-2021 yang dihadiri oleh dua orang komisioner demisioner, Isman dan Syukriah bertempat di ruang pola kantor dinas Kominfo Provinsi Sulawesi Tengah disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik, Faridah Lamarauna dan Kepala Sekretariat, Thamrin Ahmad.

Kepala Dinas Kominfo berharap, kemitraan yang telah berjalan selama ini antara Komisi Informasi dan Kominfo lebih ditingkatkan lagi dalam rangka mewujudkan masyarakat yang informatif dan keterbukaan informasi publik disemua lembaga badan publik.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas