FOTO BERSAMA - Kepala Badan Kesbangpol Kota Palu, Ansyar Sutiadi, saat foto bersama dengan tiga tim dari organisasi kepemudaan, di usai kegiatan Lomba Cerdas Cermat, di SMKN 2 Palu, belum lama ini. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Palu, berhasil meraih juara satu di kegiatan Cerdas Cermat tentang Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu, di SMK Negeri 2 Palu, belum lama ini.

Kepala Bidang Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Kota Palu, Mohammad Iqbal mengungkapkan, diputaran final Cerdas Cermat, HMI bersaing dengan dua organisasi kepemudaan diantaranya Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI).

“Juara dua diraih oleh BKPRMI dan ketiga GMKI. Mereka ini cukup seru kemarin saling tanya jawab soal Pancasila dan wawasan kebangsaan. Hal ini tentunya meningkatkan lagi kompetensi wawasan kebangsaan para generasi muda,” ungkapnya.

Iqbal mengaku, sebelum cerdas cermat itu diikuti oleh para tim organisasi kepemudaan, pihaknya selaku panitia telah menyiapkan modul tentang wawasan kebangsaan, modul UUD 1945, modul tentang nilai-nilai Pancasila, serta modul Bhinneka Tunggal Ika, serta modul tentang Negera Kesatuan Republik Indonesia.

“Semua modul yang diberikan kepada para peserta, semuanya masuk di dalam materi yang disiapkan pada kegiatan cerdas cermat tersebut,” katanya.

Kata Iqbal, para juri di kegiatan cerdas cermat ini terdiri dari Kepala Badan Kesbangpol Palu, juri kedua dari Badan Kepegawaian dan SDM, dan Ketua DPRD Kota Palu yang diwakili oleh Ketua Komisi A, Mutmainah Korona.

“Selain mereka mendapatkan pemahaman tentang wawasan kebangsaan, kami juga menyiapkan piagam penghargaan kepada seluruh peserta, selain itu untuk Juara satu, dua dan tiga, kita berikan bonus uang tunai. Juara satu mendapatkan Rp2 juta, juara dua Rp1,5 juta, juara tiga Rp1 juta,” ungkapnya.

Iqbal berharap, dengan dilaksanakannya lomba cerdas cermat Pancasila dan wawasan kebangsaan itu tervipta pemahaman dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat.

“Artinya kami sangat berharap, nilai-nilai Pancasila dan pemahaman wawasan kebangsaan anak-anak atau remaja, agar perlu selalu ditingkatkan. Sehingga kita bisa menjaga idelogi Pancasila sebaik mungkin dan menjaga NKRI,” pungkasnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas