WAKIL SULTENG - Mohamad Zefary Dziaul Safiq, wakil Sulteng, saat berlaga kejuaraan panjat tebing tingkat nasional di stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, pada Rabu 24 November 2021. (Foto: Dok. FPTI)

Palu, Metrosulawesi.id – Mohamad Zefary Dziaul Safiq, wakil Sulawesi Tengah, mengakhiri final kejuaraan panjat tebing tingkat nasional pada peringkat tujuh. Hasil ini diperoleh Zavary setelah berlaga pada babak final di stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, pada Rabu, 24 November 2021.

Zefary yang merupakan binaan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Palu itu berlaga dengan tujuh atlet dari berbagai provinsi seperti Jawa Timur, Sumatera Selatan, dan Aceh selaku tuan rumah.

Bendahara FPTI Kota Palu, Reni Nurdiana, menyampaikan rasa bangga atas prestasi Zevary meski hanya di posisi tujuh. Menurutnya capaian tersebut sudah cukup membanggakan karena level nasional.

“Kami tetap bangga karena ini kejuaran tingkat nasional,” ucap Reni kepada Metrosulawesi, Kamis, 25 November 2021.

Dia mengatakan Zevary telah berlaga dengan maksimal maka harus patut diapresiasi. Pihaknya akan tetap memberikan support kepada atlet-atlet lainnya untuk menyumbangkan prestasi.

Sebelumnya diberitakan, Zefary lolos ke final dalam kejuaraan nasional panjat tebing junior di stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, yang berlangsung 18-25 November 2021. Diketahui, dalam kejurnas panjat tebing kali ini, Sulawesi Tengah mengirim dua wakil yaitu Zefary dan Arya Wiraraja, yang juga atlet binaan FPTI Palu. Keduanya mengkuti kejurnas panjat tebing kategori lead dan bolder kelompok Youth A. Namun Arya hanya bisa melaju sampai babak semi final.

Adapun Kejurnas kelompok umur ini diikuti 26 provinsi yaitu, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Aceh, , DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Papua dan Maluku, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, dan Banten.

Kategori yang dipertandingan yakni, Youth Lead (Putra), Speed WR (Youth B), Boulder (Youth B), Combined (Junior Putra), serta Lead (Kids) dan Speed Klasik (Youth D Putra). Khusus untuk junior tahun kelahiran 2003-2002, Youth A (2005-2004), Youth B (2007-2006), Youth C (2009-2008) dan Youth D (2011-2010).

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas