Ansyar Sutiadi. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)
  • Kesbangpol Palu akan Gelar Cerdas Cermat

Palu, Metrosulawesi.id – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu, pada Kamis pekan ini mengadakan Cerdas Cermat dengan melibatkan Sembilan Organisasi Kepemudaan (OKP) yang terdaftar dan aktif di Kota Palu.

“Cerdas Cermat tersebut mengupas wawasan kebangsaan, sekaligus menguji sejauh mana pemahaman wawasan kebangsaan yang dimiliki OKP yang ada di Kota Palu di era melenial saat ini,” jelas Kepala Kesbangpol Palu, Ansyar Sutiadi, melalui ponselnya, belum lama ini.

Dimana kata dia, saat ini tidak sedikit generasi muda mulai bergeser wawasan kebangsaannya, bahkan tidak sedikit diantaranya mulai luntur seiring semakin masifnya pemanfaatan teknologi informasi.

Nantinya, kata Ansyar, bisa dilakukan evaluasi atas kegiatan tersebut guna melakukan kegiatan lanjutan yang dapat mendorong peningkatan wawasan kebangsaan generasi muda.

“Untuk itu, perlu kita memahami dulu sejauh mana pemahaman wawasan kebangsaan sahabat-sahabat yang ada di OKP, karena ini akan ada tindak lanjutnya,” ungkapnya.

Ansyar mengatakan, menanamkan wawasan kebangsaan pada diri generasi muda, sangat penting. Mengingat mereka merupakan sumber daya manusia yang potensial di masa akan datang.

“Generasi muda merupakan potensi bangsa yang dipersiapkan untuk memberikan sumbangan nyata bagi pembangunan bangsa dan negara,” katanya.

Kata dia, bila pemahaman wawasan kebangsaan meningkat, maka keutuhan persatuan dan kesatuan NKRI akan kuat. Karena secara sadar muncul semangat atau dorongan hati yang kuat untuk cinta tanah air, membela dan menjaga keutuhan NKRI.

Apalagi, menurut Ansyar, dari prediksi bahwa pada tahun 2025-2045 mendatang, Indonesia akan mengalami bonus demografi, dimana usia produktif di Indonesia akan menjadi kelompok usia paling banyak di Indonesia dibandingkan kelompok usia lain.

“Pada saat itu wawasan kebangsaan dan penguatan karakter sangat penting ditanamkan dalam diri generasi muda.Tidak hanya agar dapat memajukan bangsa Indonesia, namun juga dapat membuat bangsa Indonesia menjadi semakin solid,” ujarnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas