VAKSIN - Seorang lansia disuntik vaksin di rumah jabatan Bupati Donggala, Rabu 24 November 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala, Metrosulawesi.id – Gugus Covid-19 Kabupaten Donggala menggelar vaksinasi khusus lanjut usia (lansia) di 16 kecamatan. Vaksinasi serentak ini dilaksanakan untuk mengejar target 18 ribu lansia.

“Saat ini, lansia yang sudah divaksin sekitar 5 ribu lebih. Jika dipersentase baru 27 persen. Kami optimis lansia divaksin bisa naik,” ungkap Sekretaris Gugus Covid-19 Kabupaten Donggala, Rustam Effendi ditemui di lokasi vaksinasi di rumah jabatan Bupati Donggala, Rabu 24 November 2021.

“Harapan kami kita bisa mencapai level 2, karena target minimal 50% untuk semua komunitas bisa kita capai, saat ini saja tiap puskesmas laksanakan secara serempak vaksin untuk lansia, setelah lansia giliran pelajar,” tuturnya.

Sebelumnya, Kadis Kesehatan Donggala, Muzakir Ladoali mengatakan, pihaknya akan menggenjot peningkatan vaksin untuk kelompok usia lanjut, salah satunya dengan membuka gerai vaksin dan memberikan pelayanan khusus bagi lansia.

Dia menjelaskan pemkab akan terus memantapkan strategi untuk mengejar target dari pemerintah pusat hingga Desember, progres vaksin harus mencapai 60%.

“Untuk mencapai target, ada tiga syarat, pertama tenaga kesehatan, logistik (ketersedian vaksin), dan sasaran kelompok atau orang yang divaksin. Tiga syarat ini bisa kami penuhi. Yang menjadi halangan hanya poin ketiga kelompok sasaran atau orang yang divaksin yang terkadang masih mempercayai hoaks,” ujarnya ditemui di kantornya, Selasa 23 November 2021.

Diketahui, secara keseluruhan vaksinasi dari semua kelompok di Donggala sudah mencapai 52%, dosis 2 sudah mencapai 36,2.

“Tapi kami yakin target 60% hingga bulan Desember bisa kami capai,” tuturnya.

Reporter: Tamsyir Ramli – Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas