UJIAN DINAS - Tampak peserta ujian dinas menyimak arahan yang dilaksanakan di BKN Palu, selama tiga hari, 10 sampai 12 November 2021. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulteng telah melaksanakan ujian dinas golongan II ke III dan golongan III ke golongan IV. Peserta berjumlah 399 PNS dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) yang dilaksanakan di BKN Palu, selama tiga hari, 10 sampai 12 November 2021.

Kepala BKD Provinsi Sulteng, Asri, menerangkan rincian peserta ujian dinas masing-masing 310 peserta berstatus pangkat/golongan pengatur tingkat I (II/d) dan 89 orang peserta dengan pangkat/golongan penata tingkat I (III/d).

“Keseluruhan peserta telah melalui tiga tahap yaitu tes CAT, pembuatan makalah dan wawancara/interview. Dalam pelaksanaan ujian dinas juga diikuti peserta dari salah satu kabupaten di wilayah Sulawesi Tengah yaitu dari Kabupaten Tolitoli.  Peserta yang tidak hadir dalam ujian yaitu sebanyak 31 orang,” terangnya.

Disebut, pelaksanaan ujian dinas berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang kenaikan pangkat pegawai negeri sipil.

“Ditegaskan setiap pegawai negeri sipil yang akan naik pangkat ke golongan yang lebih tinggi wajib menempuh dan lulus ujian dinas atau ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah kecuali ditentukan lain dalam peraturan pemerintah atau peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Asri.

Pelaksanaan ujian dinas merupakan salah satu tugas BKD Provinsi Sulteng yang memiliki tupoksi di bidang kepegawaian agar manajemen kepegawaian dapat berjalan dengan baik. Pelaksanaan ujian dimaksud harus berjalan se-obyektif mungkin didasarkan pada asas kompetensi. Tujuannya agar output dari kegiatan tersebut dapat dipertanggungjawabkan akurasinya.

Prinsip tersebut sesuai dengan semangat yang diusung dalam PP 12 Tahun 2002 tersebut bahwa kenaikan pangkat adalah salah satu cara untuk meningkatkan prestasi kerja dan pengabdian PNS kepada negara serta harus mewujudkan keadilan dalam memberikan penghargaannya.

BKD sebagai lembaga yang mempunyai tugas pokok dalam pengelolaan kepegawaian mempunyai kewajiban untuk mengupayakan peningkatan kualitas dan kinerja PNS yang berada dalam jajaran lingkup Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas