Asisten III, Mulyono, memberikan sambutan di acara HUT ke-47 dan Pelantikan Pengurus Eko Wandowo. (Foto: Dok. Eko Wandowo)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Rusdy Mastura mengajak Paguyuban Kesenian Eko Wandowo untuk terus berpartisipasi membangun Sulteng.

Ajakan itu disampaikan Asisten III Pemprov Sulteng, Mulyono, saat membacakan sambutan Gubernur pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-47 Paguyuban Eko Wandowo, Sabtu (20/11) malam, di Gedung Kesenian Eko Wandowo, Jalan Kartini, Kota Palu.

“Saya tahu persis peran dan partisipasi warga Jawa, utamanya Eko Wandowo dalam pembangunan di Sulteng. Untuk itu saya menyampaikan terima kasih. Saya berharap Eko Wandowo terus berpartisipasi bersama-sama pemerintah membangkitkan ekonomi Sulteng melalui bidang budaya dan ekonomi kreatif,” kata Gubernur.

Paguyuban Eko Wandowo, lanjut Gubernur, telah berkontribusi positif membangun keharmonisan budaya antar etnis yang ada di Sulteng.

“Harmonisasi budaya ini pada akhirnya mengantar Sulteng rukun, aman, dan damai. Eko Wandowo bersama kelompok etnis lain baik lokal Sulteng, maupun etnis dari luar bahu-membahu membangun Sulteng dan telah menjadi satu kesatuan warga Sulteng. Tidak ada lagi perbedaan,” ujar Gubernur.

Ke depan, lanjut dia, Pemprov Sulteng berharap Eko Wandowo dapat bersama-sama pemerintah membangkitkan kembali sektor pariwisata, dari seni dan budaya.

Ketua Paguyuban Eko Wandowo, Karyono, dalam sambutannya, mengatakan, Eko Wandowo selama ini menjadi mitra pemerintah dalam memajukan dan melestarikan budaya daerah.

“Di Eko Wandowo banyak kelompok dan kegiatan seni. Saat ini ada wayang kulit, campur sari, kuda lumping, dan reog. Selama ini Eko Wandowo telah menjadi mitra pemerintah, hadir saat peringatan hari-hari besar tertentu, terlibat parade nusantara, HUT Kota dan Provinsi. Kita pernah tampil diundang Pemprov, Polda dan Kejati,” ujar Karyono.

Eko Wandowo juga pernah berkolaborasi dalam sebuah pertunjukan dengan kesenian etnis Kaili, Bali, dan Tionghoa. Bahkan tiga tahun silam pelaku seni dari Kanada datang belajar gamelan ke Eko Wandowo, untuk berkolaborasi dengan kesenian etnis Kaili.

“Ke depan kami bercita-cita dapat membangun pendidikan seni di sini. Mohon dukungan penuh dari pemerintah, khususnya Pak Gubernur,” kata Karyono.

HUT ke-47 Eko Wandowo juga dirangkai pelantikan pengurus periode 2021-2026. Lebih dari 40 personil malam itu yang dikukuhkan sebagai pengurus.

Adapun susunan pengurus harian Paguyuban Kesenian Eko Wandowo 2021-2026, terdiri dari Ketua Dewan Pembina Ir. Hartono, ST, M.Si, Ketua Drs. Karyono, Ketua I H. Kuwato, ST, Ketua II H. Abdul Munir, Sekretaris Syamsuddin, ST, Wakil Sekretaris I Temu Sutrisno, SH, MH Wakil Sekretaris II Drs. Noor Hamid.

Selanjutnya, Bendahara H. Hartono, SE, Wakil Bendahara Hj. Rosmiati, S.Sos, Ketua Bidang Budaya Ki Dalang Sugiyanto Anom Carito, S.Sos, Ketua Bidang Sosial Drs. Giaynto, MP, Ketua Bidang Keanggotaan dan Pengembangan Organisasi Drs. Katiran BS, Ketua Bidang Pendidikan, Kerja Sama Lembaga, dan Humas Suhariyadi. (bj*)

Ayo tulis komentar cerdas