Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura. (Foto: Admin Pimpinan)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulawesi Tengah, H Rusdy Mastura kembali mengingatkan masyarakatnya untuk terus mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Terus patuhi protokol kesehatan,” katanya seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima Metrosulawesi, Ahad 21 November 2021.

Gubernur mengatakan, memperhatikan imbauan Satgas Covid -19 Pemerintah Pusat bahwa gelombang III penularan Covid dengan Varian Covid-19 yang baru, dan juga memperhatikan saat ini laporan Covid -19 melalui Pusdatina selalu tidak stabil kadang naik dan turun.

“Saya mengharapkan agar masyarakat, jangan lalai dan jangan sampai kendor untuk mematuhi protokol kesehatan karena Covid penularannya sangat cepat, sehingga harus terus diwaspadai,” kata gubernur.

Gubernur minta seluruh masyarakat Sulteng dapat bersatu untuk melawan Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan.

Gubernur meminta kepada Satgas Covid-19 baik provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa/kelurahan terus memberikan imbauan kepada masyarakat agar masyarakat patuh untuk  melaksanakan protokol kesehatan.

Gubernur juga meminta agar target vaksin nasional 90 persen akhir Desember 2021, bisa dicapai di Sulawesi Tengah.

“Saya minta kepada masyarakat agar mendukung pelaksanaan vaksinasi, dengan mendatangi gerai vaksin di Puskesmas dan tempat yang sudah ditetapkan untuk pelaksanaan vaksin. Ayo jaga diri, jaga keluarga dan jaga sesama,” pungkas gubernur.

Sementara itu, Juru Bicara Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) Covid-19 Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Adiman menyatakan hingga saat ini masih ada sebanyak 60 orang yang masih terpapar Covid-19 dan tengah menjalani karantina secara mandiri maupun di pusat pelayanan kesehatan milik pemerintah daerah setempat agar dapat sembuh dan pulih.

“Mereka itu berada di sejumlah daerah antara lain 11 orang di Poso, sembilan orang di Morowali Utara, delapan orang di Sigi dan Tolitoli. Kemudian enam orang di Parigi Moutong, empat orang di Donggala, tiga orang di Banggai, Banggai Kepulauan, Buol dan Kota Palu, dua orang di Tojo Una-Una,” ujar Adiman dalam siaran persnya, Sabtu malam.

Adiman mengatakan, selama pandemi Covid, jumlah orang yang terkena Covid di Sulteng hingga saat ini sebanyak 47.117 tersebar di 12 kabupaten dan satu kota di Provinsi Sulteng telah terpapar Covid-19.

“Dari 47.117 orang yang telah terpapar Covid-19, 45.458 orang telah sembuh dan 1.599 orang dinyatakan meninggal dunia,” katanya.

Adiman meminta masyarakat mendukung tim pengawas dinas kesehatan kabupaten dan kota di Sulteng yang melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19.

Selain itu, warga diimbau menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19 secara ketat.

“Pencegahan yakni dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah. Langkah tersebut sangat penting dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19 di Sulteng,” terangnya.

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas