RAZIA - Personel Polsek Palu Timur saat menggelar razia KRYD, Sabtu malam, 20 November 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Djunaedi)

Palu, Metrosulawesi.id – Seorang pria warga Kota Palu harus pasrah kenalpot kendaraannya yang bersuara bising(bogar)harus disita pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Palu Timur, Polres Palu, saat terjaring Razia Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) pada Sabtu malam, 20 November 2021.

Bagaimana tidak, kenalpot miliknya yang awalnya kenalpot standar pabrik, dimodifikasi dengan merubah suara kenalpot menjadi mirip dengan suara motor balap.

Kapolsek Palu Timur AKP Umar ,S.H, disela-sela kegiatan kepada wartawan Metrosulawesi menjelaskan bahwa, razia yang dilakukan tersebut memang salah satunya merazia kendaraan roda dua yang menggunakan kenalpot besuara bising (Bogar).

“Sudah banyak keluhan warga yang sangat terganggu dengan suara yang ditimbukan kenalpot bogar itu,” ucapnya.

Selain itu, Umar mengatakan bahwa razia KRYD itu rutin dilaksanakan pihaknya untuk menekan angka kriminal seperti curanmor, narkoba, sajam, hingga DPO, hingga pelanggar protokol kesehatan.

Dalam razia yang dilaksanakan kurang lebih 2 jam itu, Polsek Palu Timur berhasil menjaring 50 unit kendaraan roda dua dan roda empat, yang sebagian besar pelanggarannya tidak dapat menunjukkan surat bukti kepemilikan kendaraan, termasuk satu unit motor yang menggunakan kenalpot bersuara bising(Bogar).

“Untuk kendaraan yang terjaring kami meminta kepada pengendara untuk dapat memperlihatkan surat tanda kepemilikan kendaraan, untuk selanjutnya kendaraanya akan kami kembalikan. Sementara untuk yang menggunakan kenalpot bersuara bising, akan kami sita kenalpotnya, dan meminta kepada pemilik untuk mengganti kenalpotnya dengan yang standar,” tutupnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas