Kepala Seksi Pembinaan Peserta Didik SMK, Dinas Dikbud Sulteng, Uriani Hasan menjelaskan aplikasi e-lusi SMK kepada para wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SMK se Sulteng, pekan lalu (18/11). (Foto: Metrosulawesi/ Syahril Hantono)
  • Ada Fitur Lulusan SMK dan Lowongan Kerja

Palu, Metrosulawesi.id – Inovasi layanan bidang pendidikan dilakukan Kepala Seksi Pembinaan Peserta Didik SMK, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tengah, Uriani Hasan. Dia menginisiasi adanya data lulusan SMK se Sulteng yang dimuat dalam aplikasi bernama e-lusi SMK.

Aplikasi tersebut merupakan proyek perubahan Uriani Hasan sebagai peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan V yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulteng. PKP sebelumnya dikenal dengan Diklatpim IV.

Pekan lalu (18/11) aplikasi disosialisasikan dan diuji coba di hadapan para wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SMK se Sulteng. 

Aplikasi e-lusi SMK adalah elektronik lulusan siswa SMK. Aplikasi ini sebagai informasi tentang keberadaan lulusan SMK di seluruh Provinsi Sulawesi Tengah. 

“Selama ini siswa SMK setelah lulus dilepas begitu saja. Tidak diketahui kabar mereka setelah lulus. Apakah menganggur, sudah bekerja, lanjut ke perguruan tinggi, sudah menikah, atau sudah meninggal,” kata Uriani Hasan, sebagai reformer dari proyek perubahannya.

Dalam membuat aplikasi ini, Uriani Hasan bekerja sama dengan salah seorang programmer di Kota Palu. Sesuai namanya, e-lusi SMK memuat informasi data lulusan SMK se Sulawesi Tengah. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga akan memuat fitur tentang kondisi lulusan SMK, misalnya apakah sudah bekerja atau belum, atau melanjutkan kuliah di perguruan tinggi, dan lain-lainnya. 

“Karena masih dalam tahap sosilisasi dan uji aplikasi saya butuh masukan-masukan dari peserta,” kata Uriani yang menjadi reformer proyek perubahannya. 

Inovasi Uriani Hasan ini mendapat sambutan baik dari para peserta sosialisasi. Mereka memberi masukan agar tampilan aplikasi menampilkan figur-figur atau orang-orang lokal. Ada yang mengusulkan untuk menonjolkan kearifan lokal.

Yang menarik dari aplikasi e-lusi SMK ini juga memuat fitur tentang bursa kerja, sebagai informasi kepada lulusan SMK atau masyarakat yang mencari pekerjaan. Uriani Hasan mengatakan pihaknya bekerja sama dengan instansi terkait untuk memberikan informasi bursa kerja.

Selain itu bekerja sama dengan Bursa Kerja Khusus (BKK), yakni lembaga yang dibentuk sebagai unit pelaksana dan memberikan pelayanan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja.

Para peserta sangat tertarik dengan adanya fitur lulusan SMK dan bursa lowongan kerja. Mereka menginginkan agar e-lusi SMK dapat segera diluncurkan.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas