PELATIHAN - Kelompok Taruna Mas, Mitra baru Uwentumbu dan Mandara Agro Lestari mengikuti pelatihan di Palu, Kamis 18 November 2021. (Foto: Ist)
  • 30 Petani di Palu Dilatih Buat Pupuk Organik

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak 30 orang petani yang tergabung dalam kelompok Taruna Mas, Mitra baru Uwentumbu dan Mandara Agro Lestari di Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, dilatih pembuatan pupuk organik, Kamis 18 November 2021.

Para petani ini merupakan penerima bantuan unit pengolah pupuk organik (UPPO) Tahun 2021. Pelatihan dilaksanakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palu menggandeng Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulteng sebagai pemateri.

Kegiatan dibuka Kepala Dinas diwakili oleh Kepala Bidang Ketersediaan Pangan, Lukman, didampingi Kepala Seksi Tanaman Pangan dan Hortikultura, Yuni. Lukman menyampaikan pemberian bantuan UPPO merupakan stimulus agar setiap kelompok petani yang diberikan bantuan mampu berkreasi dan berkarya dengan mengubah mindset dari pola konvensional menjadi pola moderen.

“Melalui pelatihan kita harapkan kelompok tani penerima bantuan juga mampu memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah sesuai dengan tujuannya yaitu mewujudkan pertanian berkelanjutan yang ramah lingkungan,” ucapnya.

Selain itu, petani peternak juga diharapkan mampu mengoptimalkam limbah ternaknya untuk diolah menjadi produk – produk yang memiliki manfaat dengan orientasi agribisnis sehingga dapat meningkatkan pendapatan.

Narasumber dihadirkan Penyuluh dari BPTP Sulawesi Tengah, Pujo Haryono, materi terkait pemanfaatan limbah ternak untuk diolah menjadi produk pupuk organik padat, pupuk organik cair serta biourine.

Sebelumnya, BPTP Sulteng sebagai perpanjangan tangan Badan Litbang Pertanian juga melakukan bimbingan teknis pengolahan limbah kepada para santri Pondok Pesantren (Ponpes) Nahdlatul Khairaat, baru-baru ini.

Ponpes Nahdlatul Khairaat merupakan salah satu yayasan pendidikan MI, MTs dan MA dari Nahdlatul Alkhairaat dengan jumlah santri dan santriwati yang saat ini berkisar 60 orang berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Tengah.

Bimbingan teknis pengolahan limbah disampaikan oleh Penyuluh BPTP Sulteng, Pujo Haryono. Diketahui, salah satu tugas penyuluh yang sangat penting selain secara prosedural sebagai petugas lapangan juga sebagai mediasi serta solusi dalam memecahkan setiap masalah yang dihadapi oleh petani binaannya.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas