TINJAU VAKSINASI - Kapolda Sulteng, Irjen Pol Drs Rudy Sufahriadi, meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Banggai, Kamis 18 November 2021. (Foto: Dok. Polda Sulteng)
  • Kapolda Tinjau Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Banggai

Palu, Metrosulawesi.id – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu Rizal mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Inilah salah satu cara katanya untuk menghindari agar tidak terjadi gelombang ketiga Covid.

“Kita harus taat prokes, agar tidak terjadi gelombang ketiga. Pemkot Palu bersama pihak-pihak terkait harus kembali melaksanakan pengawasan penerapan prokes,” ujarnya, Jumat 19 November 2021.

Menurutnya, penetapan prokes di kota Palu sudah mulai kendor. Hal itu dapat dilihat jelas di berbagai tempat baik di pasar, warung kopi, kafe, kantor maupun sarana berkumpul masyarakat lainnya dan dilakukan oleh berbagai kalangan, termasuk oleh aparatur sipil negara (ASN).

“Lihat saja dimana-mana orang yang berkumpul sudah tidak memakai masker, tidak menjaga jarak dan tidak menerapkan prokes lainnya, baik di lingkungan masyarakat maupun pemerintahan. Di kantor dan di instansi pemerintahan juga demikian. Pegawai, ASN maupun masyarakat yang berada di sana sudah tidak menaati prokes termasuk memakai masker,” katanya.

Di sisi lain katanya, Pemerintah Kota Palu, dan instansi terkait juga sudah tidak gencar mengawasi penerapan prokes.

Rizal mengaku khawatir, jika tidak ada upaya tetap disiplin menerapkan prokes, maka Kota Palu akan terkena gelombang ketiga Covid-19, sehingga berdampak pada penerapan kembali pembatasan sosial yang pada akhirnya berdampak buruk terhadap perekonomian ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah tersebut.

Terpisah, Juru Bicara Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) Covid-19 Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Adiman menyatakan pasien Covid-19 yang sembuh di Sulteng mencapai 45.451 orang.

“Hari ini lima pasien Covid-19 dinyatakan telah sembuh berdasarkan hasil tes usap (swab) terakhir, sehingga secara kumulatif total pasien Covid-19 yang sembuh di Sulteng hingga saat ini berjumlah 45.451 orang,” katanya.

Ia menerangkan lima pasien Covid-19 yang telah sembuh itu berada di sejumlah daerah yakni tiga orang di Kabupaten Sigi, satu orang di Kabupaten Buol dan Kota Palu.

Mereka yang sudah sembuh telah diizinkan pulang, namun harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19 secara ketat agar tidak kembali terpapar.

“Sementara itu tujuh orang terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini meliputi dua orang di Poso, satu orang di Banggai Kepulauan, Donggala, Sigi, Tolitoli dan Palu,” ujarnya.

Sehingga secara kumulatif, lanjutnya, sampai saat ini sudah 47.106 orang yang terpapar Covid-19. Kemudian total pasien Covid-19 yang meninggal dunia sampai saat ini berjumlah 1.599 orang.

“Adapun 56 pasien Covid-19 saat ini menjalani karantina secara mandiri maupun di pusat pelayanan kesehatan milik pemerintah daerah setempat,” terangnya.

Adiman meminta masyarakat mendukung tim pengawas dinas kesehatan kabupaten dan kota di Sulteng yang melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19.

Selain itu, warga diimbau tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19 secara ketat.

“Pencegahan yakni dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah. Langkah tersebut sangat penting dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19 di Sulteng,” katanya.

Tinjau Vaksinasi

Kapolda Sulteng, Irjen Pol Drs Rudy Sufahriadi bersama Ketua Pengurus Daerah (PD) Bhayangkari Sulteng, Luly Rudy melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banggai, Kamis 18 November 2021.

Kunjungan tersebut dalam rangka untuk melakukan pengecekan kegiatan gerai vaksinasi, di Pelabuhan Tangkian, Kecamatan Kintom, Kota Luwuk, Kabupaten Banggai.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Sulteng dan Ketua PD Bhayangkari Sulteng menyerahkan bantuan sosial kepada perwakilan masyarakat setempat yang melaksanakan vaksinasi, sekaligus dilanjutkan peninjauan pelaksanaan vaksinasi.

Usai meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi, Kapolda Sulteng bersama rombongan menuju Polres Banggai untuk menghadiri tatap muka sekaligus memberikan arahan kepada jajaran Polres Banggai.

Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto, S.IK mengatakan bahwa kunjungan Kapolda Sulteng bersama rombongan di Luwuk, Kabupaten Banggai dalam rangka meninjau langsung pelaksanaan percepatan vaksinasi covid-19.

“Penanganan covid-19 di Provinsi Sulawesi Tengah menjadi perhatian serius Kapolda Sulteng utamanya pelaksanaan program vaksinasi untuk mencapai herd imunity,” terangnya.

Dididk mengimbau kepada seluruh masyarakat Sulawesi Tengah, walaupun penyebaran covid-19 menurun agar tetap menjaga protokol kesehatan seperti menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Kami mengharapkan kepada masyarakat Sulawesi Tengah yang belum menerima vaksinasi untuk tidak ragu-ragu mendatangi gerai-gerai atau puskesmas yang memberikan pelayanan vaksinasi covid-19,” tutupnya.

Reporter: Udin Salim – Djunaedi

Ayo tulis komentar cerdas