Taslim. (Foto: Metrosulawesi/ Murad Mangge)

Morowali, Metrosulawesi.id – Setelah dilakukan perawatan seluruh tanaman padi organik di lahan persawahan yang berada di belakang Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Morowali buah padi tersebut dipanen, Kamis, 18 November 2021.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan hari ini bisa dicontohi oleh masyarakat. Terkhusus bagi petani yang ada didaerah kita,” ungkap Bupati Morowali, Taslim dalam kegiatan panen perdana padi organik tersebut.

Dijelaskan Taslim, tanaman padi yang dipanen ini, perawatannya menggunakan pupuk organik dan keberadaan pupuk organik bisa deperoleh dengan mudah, dengan cara memanfaatkan limbah sebagai bahan pupuk organik.

“Seperti yang kita ketahui bahwa untuk pupuk kimia itu sendiri selain harganya mahal, juga terkadang petani sangat sulit mendapatkannya,” ungkapnya. Bupati Taslim juga mendorong masyarakat khususnya petani untuk memanfaatkan lahannya dengan pola tanam menggunakan pupuk organik. Selain biayanya murah, masyarakat juga tidak sulit memperoleh pupuknya.

“Mari kita mencoba untuk tidak terus bergantung dengan pupuk kimia. Kita bisa manfaatkan limbah yang ada beserta tumbuhan-tumbuhan disekitar kita yang bisa dikelolah menjadi bahan pupuk organik ini,”urainya.

Dikesempatan ini Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Morowali Andi Imran menyebutkan bahwa tanaman padi yang  berhasil dipanen, tentunya hal ini juga merupakan buah dari sebuah kerja keras sekaligus adanya keseriusan yang dimiliki oleh para petani.

“Kita berharap dengan penggunaan pupuk organik ini, kedepannya petani kita dapat menikmati hasilnya. Sehingga hal ini juga dapat memberi serta memperkuat kebutuhan pangan di daerah kita,” tutur Andi Imran.

Reporter: Murad Mangge
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas