PANTAU - Wabup Samuel melakukan pemantauan pelaksanaan ANBK di daerah terpencil di Kabupaten Sigi yaitu di SD Negeri Uwelopi Desa Lewara, Kecamatan Marawola Barat. (Foto: Ist)

Sigi, Metrosulawesi.id – Dalam rangka mensukseskan program Nasional di bidang pendidikan, maka Pemerintah Pusat maupun Daerah melaksanakan Asesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di seluruh Indonesia.

Untuk itu, Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Samuel Y Pongi yang didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sigi Anwar, melakukan pemantauan pelaksanaan ANBK di daerah terpencil di Kabupaten Sigi yaitu di SD Negeri Uwelopi Desa Lewara, Kecamatan Marawola Barat, Rabu, 17 November 2021.

Program ANBK merupakan program Pemerintah untuk meningkatkan mutu sekolah. Program ini diselenggarakan di berbagai sekolah, mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) baik di daerah yang mudah dijangkau maupun daerah terpencil.

Wabup mengatakan, adapun beberapa hal yang menjadi kendala dalam pelaksanaan ANBK ini, yaitu terbatasnya sarana dan pra sarana yang ada di sekolah, seperti komputer dan jaringan. Maka pelaksanaannya dilakukan secara online dan semi online menggunakan server.

“Ke depannya, kami selaku Pemerintah Daerah akan berupaya mengajukan permohonan ke Pemerintah Pusat, agar sekolah kita bisa memiliki sarana dan pra sarana yang memadai, sehingga tidak ada lagi kendala dalam pelaksanaan ANBK ini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Wabup Samuel menyampaikan, bahwa pelaksanaan ANBK menyasar kepada siswa dan guru, yang bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik esensial sebuah sekolah yang efektif dalam mengembangkan kompetensi dan karakter siswa.

“Melalui ANBK ini, ada beberapa macam yang menjadi evaluasinya, yaitu menyangkut Assesmen Kompetensi Minimal (AKM), menguji kemampuan literasi dan numerasi yang meliputi pengetahuan, keterampilan, perilaku dan karakter baik peserta didik maupun guru,” tutupnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas