Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulteng, Trie Iriany Lamakampali saat mendampingi Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. H. Ma'mun Amir melakukan kunjungan ke beberapa stan pasar tani. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Pada kegiatan pasar tani yang diselenggarakan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Provinsi Sulawesi Tengah dinilai sebagai ajang promosi untuk produk pangan maupun olahan dari para petani lokal.

Kegiatan tersebut digelar di halaman kantor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Provinsi Sulawesi Tengah yang berlokasi tepatnya di Jalan R. A. Kartini, Kota Palu, Kamis (18/11/2021).

Saat ditemui Metrosulawesi di kegiatan itu, Kepala DTPH Sulteng, Trie Iriany Lamakampali mengatakan pasar tani yang diadakan ini sesungguhnya bertujuan untuk lebih mendekatkan langsung antara petani dan konsumen.

“Di mana persoalan selama ini menjadi harapan seluruh masyarakat secara umum, khususnya petani adalah mereka sebaiknya ketika berproduksi bisa menerima dari hasil dengan harga yang layak,” kata Trie.

“Sebab itu, memutus mata rantai yang mana harus dirasakan langsung oleh masyarakat tani salah satunya ialah melalui kegiatan pasar tani karena dari lahan tanpa perantara,” ujarnya menambahkan.

Trie mengungkapkan kegiatan pasar tani juga dirangkaikan dengan memperingati hari pahlawan. Menurutnya, petani merupakan bagian dari yang dimaknai sebagai pahlawan yang membantu Indonesia lewat produk pangan.

“Kalau petani tidak berbuat dan tidak menanam, apa yang kita mau makan. Sedangkan kita tergantung dengan makanan yang dihasilkan petani. Apalagi situasi pandemi mereka tetap semangat menjaga agar tidak terjadi kerawanan di sektor pangan,” tuturnya.

Dirinya menilai bahwa para petani justru menginginkan momen seperti ini senantiasa selalu dilaksanakan setiap bulan. Pasalnya, kata Trie, kegiatan pasar tani diselenggarakan hanya dalam waktu setahun sekali.

“Pastinya petani sudah merasakan dampak positifnya dari sisi ekonomi dan bisa menjangkau daya beli masyarakat. Contoh ketika ada ruang yang difasilitasi pemerintah mereka sangat antusias dan menyambut gembira,” ucapnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas